Teladani Fatmawati, GOW Gelar Lomba Menjahit Bendera

Teladani Fatmawati, GOW Gelar Lomba Menjahit Bendera

Teladani Fatmawati, GOW Gelar Lomba Menjahit Bendera --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten MUKOMUKO mengadakan lomba menjahit bendera merah putih, di Balai Daerah MUKOMUKO pada tanggal 15 Agustus 2023. lomba diikuti 15 peserta perwakilan organisasi wanita di Kabupaten MUKOMUKO. Para peserta diberi waktu selama 150 menit untuk menjahit bendera merah putih, mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. perlombaan ini pertama kali dilaksanakan di Kabupaten MUKOMUKO, rencananya akan dilaksanakan rutin setahun sekali. Tujuannya untuk meneladani semangat Fatmawati, istri Ir. Soekarno, yang menjahit bendera merah putih untuk dikibarkan pada 17 Agustus 1945. Harapannya agar para wanita selalu mengingat jasa Fatmawati dan meneladani semangatnya.

‘’Lomba ini dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia ke-78. Kemudian juga untuk mengenang jasa Fatmawati yang telah menjahit bendera untuk dikibarkan pada 17 Agustus 1945,’’ujar Ketua GOW Mukomuko, Hj. T Nurliyana Habsjah Sapuan, Selasa (15/8).

BACA JUGA:Mukomuko Belum Memiliki Perda Kawasan Kumuh

Nurliyana menyampaikan bahwa tim juri beranggota 3 orang, termasuk dirinya. Selain itu juga ada tim juri dari Guru Sekolah Menengah Keguruan Negeri (SMKN) 3 Mukomuko, Ita Yuliana, S.Pd., dan salah satu penjahit, Nur Afni Diana. Tim juri akan menilai berdasarkan 6 kriteria, mulai dari ukuran bendera harus 60 CM X 90 CM, kerapian dalam memotong bahan jahitan, dan proses peserta saat menjahit. Kemudian juga akan dinilai quality control atau kualitas dalam menjahit, Finishing atau cara menyelesaikan jahitan, dan hasil akhir. 

‘’Kami akan menilai dari awal peserta menjahit sampai habisnya waktu pengerjaan,’’kata Nurliyana

Ketua Panitia Pelaksana HUT RI GOW Mukomuko, Nurdiana, S.E., M.A.P., mengatakan bahwa pemenang merupakan 6 orang peserta dengan nilai tertinggi. Ia menyampaikan juara 1 akan mendapatkan mesin cuci, juara 2 mendapatkan tudung saji multi layer, dan juara 3 akan mendapatkan kompor gas. Kemudian juara 4 mendapatkan kipas angin, juara 5 mendapatkan dispenser, dan juara 6 mendapatkan mendapatkan magiccom atau penanak nasi. Hadiah akan dibagikan pada Kamis malam (17/8).

BACA JUGA:Ketua Kwarcab Mukomuko Hadiri Perkemahan di SDN 01 Air Manjuto

‘’Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa perabot rumah tangga,’’ungkap Nurdiana

Masih Nurdiana, lomba ini merupakan rangkaian awal dari rangkaian lomba dalam rangka memperingati HUT RI. Tanggal 16 Agustus 2023 akan diadakan lomba di Lapangan Sepak Bola Ratok Denai. Adapun yang dilombakan yaitu lari karung, estafet tepung, joget balon, estafet sarung, memindahkan terong menggunakan lutut, dan lomba joget kursi. Peserta lomba merupakan perwakilan dari organisasi wanita yang ada di Kabupaten Mukomuko.

‘’Ini awal kegiatan kami, besok (hari ini,red) kami juga mengadakan lomba di Ratok Denai,’’demikian Nurdiana.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: