Dilepas Wabup, camat Penarik Sukses Gelar Jalan Santai

Dilepas Wabup, camat Penarik Sukses Gelar Jalan Santai

HADIAH UTAMA: Camat Penarik, Khairul Saleh, menyerahkan hadiah utama berupa mesin cuci kepada peserta yang beruntung.--

Hari Ini Pawai Budaya, Besok Donor Darah

PENARIK, RADARMUKOMUKO.COMJalan santai dan senam massal, mengawali rangkaian kegiatan HUT RI ke-78 di Kecamatan Penarik. Acara ini diikuti oleh hampir seribu peserta. Jalan santai dilepas oleh Wakil Bupati (Wasri) Minggu (13/8) pukul 07.30 WIB. Star di depan SMPN 06 Mukomuko di Desa Marga Mulya Sakti (MMS). Finish di lapangan Pancasila, Desa Lubuk Mukti, di depan kantor camat setempat. Jalan santai dilanjutkan dengan senam massa dan ditutup dengan pengundian doorprize, dengan hadiah utama berupa 1 unit mesin cuci. Sebagaimana disampaikan oleh Camat Penarik, Khairul Saleh, SKM, MM kemarin (13/8).

‘’Alhamdulillah, jalan santai dan senam massal ini sukses. Masyarakat sangat antusias,’’ ujar Khairul.

BACA JUGA:Kadus II Desa Lubuk Gedang Dilantik

Khairul mengatakan, perayaan HUT RI di Kecamatan Penarik, tahun ini sedikit beda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun-tahun sebelumnya lebih banyak pertandingan dan lomba-lomba. Tahun ini banyak kegiatan yang melibatkan masyarakat secara umum. Diawali dengan jalan santai dan senam massal, kemarin. Jalan ini terbuka untuk umum dan seluruh lapisan masyarakat. Dilanjutkan dengan pawai kemerdekaan, Senin (14/8) pagi. Pawai ini diutamakan untuk para pelajar. Mulai dari tingkat PAUD/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA hingga perguruan tinggi yang ada di Kecamatan Penarik. Tema pawai ini bebas. Peserta boleh pakai kostum apa saja. Misalnya kostum pejuang, dokter, TNI, Polri dan sebagainya. Dengan catatan sopan dan tidak mengandung SARA. Rute yang ditempuh, masih jalan utama mulai dari depan SMPN 06 Mukomuko, di Desa Marga Mulya Sakti, dan finish di Lapangan Pancasila, Desa Lubuk Mukti. Selesai pawai dilanjutkan dengan atraksi dram band. Acara selanjutnya adalah bhakti sosial donor darah, Selasa (15/8). Donor darah kerjasama antara pihak kecamatan, Puskesmas Penarik, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko. Donor darah ini melibatkan perangkat desa, Aparatur Sipil Negara (ASN) se-Kecamatan Penarik, TNI/Polri serta serta instansi vertikal dan masyarakat umum.

‘’Donor darah di halaman kantor camat. Ini terbuka untuk umum, tapi ada kriterianya,’’ ungkap Khairul.

BACA JUGA:Rendahnya Ruang Kompertemen dan Cacatnya Desain, Penyebab Tengelamnya Kapal Tetanic

Acara puncak akan ditutup dengan upacara bendera dan detik-detik proklamasi, pentas seni dan budaya. Ada juga pertunjukan pencak silat dari berbagai perguruan pencak silat yang ada di Kecamatan Penarik. Dikatakan Khairul, berbagai acara ini bukan semata-mata memeriahkan HUT RI, tapi juga mendukung Usaha menengah Kecil Mikro (UMKM). Dengan adanya keramaian ini, banyak pedagang kecil yang berjualan di sekitar area kegiatan. 

‘’Orang banyak ini pasti ada saja yang belanja makanan atau minuman. Pedagang kecil ini juga mendapat keuntungan dari acara ini,’’ pungkas Khairul.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: