Tradisi Perahu Bidar Atraksi Wisata Kota Palembang, Dulu Ratu Wilhelmina dari Belanda Kini Kemeriahan HUT RI

Tradisi Perahu Bidar Atraksi Wisata Kota Palembang, Dulu Ratu Wilhelmina dari Belanda Kini Kemeriahan HUT RI

Tradisi Perahu Bidar Atraksi Wisata Kota Palembang, Dulu Ratu Wilhelmina dari Belanda Kini Kemeriahan HUT RI -Istimewa-Gatra

Lomba perahu bidar memiliki sejarah yang cukup panjang. Menurut sejarawan Kemas AR Panji, lomba ini pertama kali digelar pada tahun 1898, saat merayakan ulang tahun Ratu Wilhelmina dari Belanda. 

Saat itu, para bangsawan Palembang mengadakan perlombaan perahu bidar sebagai bentuk hiburan dan penghormatan kepada penguasa kolonial. 

Lomba ini kemudian dilanjutkan setiap tahun oleh masyarakat Palembang sebagai bentuk pelestarian budaya dan tradisi.

BACA JUGA:Ini Jadwal Tes CPNS dan PPPK 2023 se Indonesia

Lomba ini juga lekat dengan cerita rakyat Dayang Merindu atau Daya Rindu, seorang putri cantik yang diperebutkan oleh dua kesatria. 

Dalam cerita tersebut, kedua kesatria tersebut bersaing dalam lomba perahu bidar untuk memperebutkan hati Dayang Merindu. Siapa yang menang dalam lomba tersebut, berhak untuk meminang Dayang Merindu sebagai istri.

Tahun ini, lomba perahu bidar akan digelar pada tanggal 19 Agustus 2023, di Sungai Musi depan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. Lomba ini akan diikuti oleh 17 kabupaten/kota di provinsi Sumatera Selatan, dengan jumlah peserta sebanyak 9 tim. 

Lomba ini akan dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, dan dihadiri oleh beberapa artis ibukota seperti Irma Darmawangsa, Zacky Kapten, Glow Rossa, Kopral Jono, Seven Kiss, Ikki Reborn, Kamsul A Harla ft Sachet Band, Trio Afi.

BACA JUGA:Tradisi Unik Suku Kayan Thailand Wanita Bergelar Leher Panjang, Berikut Tujuannya

Selain lomba perahu bidar, akan ada juga parade perahu motor hias yang akan digelar pada tanggal 20 Agustus 2023. 

Parade ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada para wisatawan bahwa nenek moyang masyarakat Palembang dulu menggunakan perahu sebagai alat transportasi mereka. 

Parade ini akan diikuti oleh 36 peserta yang akan menghias perahu mereka dengan berbagai tema dan konsep menarik.

BACA JUGA:Tradisi Suku Neur, Pria Harus Serahkan 40 Ekor Sapi Untuk Calon Istri

Dinas Pariwisata Kota Palembang mengajak seluruh masyarakat untuk hadir dan menyaksikan lomba perahu bidar dan parade perahu motor hias ini. 

Selain menikmati perlombaan yang seru dan meriah, masyarakat juga bisa berbelanja di bazar UMKM yang akan memadati pelataran BKB Palembang. Diharapkan, dengan adanya event ini, Sungai Musi bisa semakin hidup dan menjadi daya tarik wisata bagi kota Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: