7 Keunikan Suku Mentawai, Tato Tertua Hingga Peramu Racun

7 Keunikan Suku Mentawai, Tato Tertua Hingga Peramu Racun

7 Keunikan Suku Mentawai, Tato Tertua Hingga Peramu Racun-Istimewa-

Walau sebagian besar penduduknya sudah memeluk agama Kristen dan Islam, Suku Mentawai juga memiliki kepercayaan tersendiri yakni Sabulungan. 

Sabulungan merupakan agama atau kepercayaan yang sifatnya animisme, di mana seluruh benda yang ada diyakini memiliki roh dan jiwa.

Ketika roh tidak dirawat dengan baik, maka roh akan bergentayangan dan menyebabkan kesialan serta menyebabkan munculnya penyakit. Suku Mentawai punya kepercayaan kuat terhadap benda-benda yang mereka anggap sakral.

3. Rumah Adat Uma yang Khas

Keunikan selanjutnya adalah Suku Mentawai memiliki rumah adat dengan bentuk mirip seperti rumah adat Sumatera Barat, dengan desain rumah panggung berbahan kayu ataupun bambu.

Suku Mentawai mempunyai tiga jenis rumah adat yang biasa digunakan. Ketiga jenis rumah tersebut adalah Uma, yaitu rumah yang berukuran besar, biasanya ditempati oleh 3 hingga 4 keluarga dalam satu rumah.

Jenis rumah yang kedua adalah Lalep, yaitu jenis rumah yang berukuran lebih kecil, dan biasa ditempati oleh 1 keluarga saja di dalam rumah tersebut. Kemudian jenis rumah yang ketiga adalah jenis rumah bernama Rusuk.

4. Makanan Pokok Sagu

Selama ini kebanyak orang mengetahui, sagu merupakan makanan pokok sebagian besar suku pedalaman Papua.

Tahukah kamu, Suku Mentawai juga mengonsumsi sagu sebagai bahan makanan pokoknya. 

BACA JUGA:Ritual Menyakitkan Bagi Pria Suku Mandan, Layaknya Bunuh Diri

Sagu diolah oleh Suku Mentawai dengan cara dibakar, dan menjadi bahan makanan sehari-hari.

Selain sagu, daging hewan juga merupakan kebiasaan dari Suku Mentawai. Babi hutan, ayam, dan kijang adalah jenis daging yang dikonsumsi oleh masyarakat Suku Mentawai, mereka mendapatkannya dengan cara berburu di sekitar lokasi tempat tinggal mereka.

5. Tradisi Sikerei

Keunikan Suku Mentawai berikutnya yaitu Sikerei atau dukun di Suku Mentawai yaitu orang yang dipercaya memiliki kekuatan supranatural dan kedekatan dengan roh leluhur untuk menyembuhkan penyakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: