Ternyata Ini 4 Kabupaten Termiskin di Provinsi Sumatera Barat, Punya Destinasi Wisata Alam yang Indah

Ternyata Ini 4 Kabupaten Termiskin di Provinsi Sumatera Barat, Punya Destinasi Wisata Alam yang Indah

Ternyata Ini 4 Kabupaten Termiskin di Provinsi Sumatera Barat, Punya Destinasi Wisata Alam yang Indah--

RADARMUKOMUKO.COM – Di Indonesia tingkat kemiskinan masih menjadi problematik yang belum terselesaikan. 

Masih banyaknya daerah-daerah dengan penduduknya yang masih memiliki pendapatan di bawah rata-rata.

Banyak provinsi yang masih memiliki masalah kemiskinan salah satunya Sumatera Barat.

Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu daerah yang memiliki tingkat kemiskinan yang cukup tinggi. Provinsi ini memiliki beberapa Kabupaten/Kota yang terbilang termiskin di Sumatera Barat.

BACA JUGA:Rendahnya Ruang Kompertemen dan Cacatnya Desain, Penyebab Tengelamnya Kapal Tetanic

Walau memiliki destinasi wisata alam yang indah, ternyata kabupaten/kota yang ada di Sumatera barat ini, belum juga mampu memperbaiki tingkat perekonomian masyarakatnya melalui objek wisata.

Berikut ini adalah 4 Kabupaten/Kota termiskin di Sumatera Barat menurut data BPS pada tahun 2021.

1. Kabupaten Sijunjung

Kabupaten termiskin pertama di Sumatera Barat adalah Kabupaten Sijunjung. Di tahun 2021 silam angka kemiskinan di Kabupaten ini mencapai 16,28%. Dalam mengatasi hal tersebut pemerintah melakukan pembangunan untuk meningkatkan perekonomian penduduknya.

2. Kabupaten Pesisir Selatan

Kabupaten termiskin selanjutnya di Sumatera Barat adalah Kabupaten Pesisir Selatan. rata-rata jumlah penduduk miskin di Kabupaten Pesisir Selatan mencapai 35 ribu orang per tahunnya.

Untuk mengatasi masalah kemiskinan ini, pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melakukan perencanaan dengan mengunggulkan produk pertanian khas lokal dan bidang pariwisata.

BACA JUGA:Trek kelapa Sawit Umumnya 5 Tahun Sekali, Hasilnya Pruduksi Turun 50 % Jika di Perlakukan Seperti Ini

Kabupaten Pesisir Selatan terkenal dengan objek wisatanya. Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berharap banyak turis lokal dan mancanegara yang mengunjungi Pesisir Selatan.Sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

3. Kabupaten Solok

Kabupaten dengan penduduk termiskin di Sumatera Barat selanjutnya adalah Kabupaten Solok. Kemiskinan di Kabupaten Solok pada tahun 2021 lalu mencapai 17,60%.

4. Kabupaten Mentawai

Kabupaten Mentawai juga menjadi salah satu dengan Kabupaten termiskin di Sumatera Barat. Daerah ini memiliki tingkat kemiskinan mencapai 14,84%. 

BACA JUGA:Ucapan Perancang Kapal Titanic Hampir Sama Sombongnya Dengan Raja Nambrut, Bahwa Ciptaanya Lah Yang Terbaik

Meskipun menjadi Kabupaten yang terkenal dengan wisata alamnya khususnya dunia peselancar, Kabupaten Mentawai masih menjadi kabupaten dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. oleh karena itu, pemerintah daerah melakukan berbagai cara salah satunya melakukan pemberdayaan kepada masyarakat untuk meningkatkan kemampuan wirausaha dan bidang pariwisata.

Artikel ini sudah terbit di bangkalan.pikiran-rakyat.com dengan judul “Deretan 5 Daerah Termiskin di Sumatera Barat, Mana Saja Ya? Nomor 4 Surganya Para Peselancar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: