Untung Rugi Tanaman Hasil Modifikasi Terhadap Lingkungan, Salah Satunya Resiko Monopoli

Untung Rugi Tanaman Hasil Modifikasi Terhadap Lingkungan, Salah Satunya Resiko Monopoli

Untung Rugi Tanaman Hasil Modifikasi Terhadap Lingkungan, Salah Satunya Resiko Monopoli-Ilustrasi-

BACA JUGA:Ingin Mencari Pasangan Yang Bintangnya Cocok Dengan Scorpio, dan Tidak Salah Pilih Zodiak Baca Disini

Kerugian

- Modifikasi genetik dapat menimbulkan risiko alergi atau toksisitas bagi konsumen yang sensitif terhadap gen atau protein asing yang disisipkan pada tanaman buah.

- Modifikasi genetik dapat menimbulkan risiko kontaminasi atau polinasi silang antara tanaman buah transgenik dengan tanaman buah non-transgenik atau liar. Hal ini dapat mengubah sifat genetik dan ekologis dari tanaman asli atau menyebabkan hilangnya keragaman hayati.

- Modifikasi genetik dapat menimbulkan risiko resistensi atau adaptasi dari hama atau penyakit terhadap tanaman buah transgenik. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan penggunaan pestisida atau perluasan modifikasi genetik pada tanaman lainnya.

- Modifikasi genetik dapat menimbulkan risiko monopoli atau dominasi dari perusahaan-perusahaan bioteknologi yang memiliki hak paten atas tanaman buah transgenik. Hal ini dapat merugikan petani kecil atau tradisional yang tergantung pada benih lokal atau alami.

- Modifikasi genetik dapat menimbulkan risiko etis atau moral bagi sebagian masyarakat yang menolak campur tangan manusia terhadap ciptaan Tuhan. Hal ini dapat menimbulkan kontroversi atau konflik sosial.

Artikel ini dilansir dari berbagai sumber : tirto.id dan media.neliti.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: