Sejak 2015, Ini Kali Pertama Mukomuko Raih Anugerah KLA

Sejak 2015, Ini Kali Pertama Mukomuko Raih Anugerah KLA

Sejak 2015, Ini Kali Pertama Mukomuko Raih Anugerah KLA--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu masuk dalam daftar penerima anugerah Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia tahun 2023.  

BACA JUGA:Musibah Kebakaran Timpa 70 KK di Mukomuko

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Mukomuko Vivi Novriani, penghargaan KLA tahun ini merupakan kali pertamanya diraih Pemkab Mukomuko. 

‘’Penilaian KLA setiap tahun, dan telah berlangsung sejak 2015 lalu. Tak dipungkiri, tahun ini kali pertama anugerah KLA berhasil kita raih,’’ ungkap Vivi kepada radarmukomuko.com, Jum’at, 14 Juli 2023.

Untuk diketahui, klaster penilaian KLA dilaksanakan secara bertahap dan berlangsung selektif. Sehingga tidak semua daerah mampu meraih predikat anugerah KLA program tahunan Kementerian P3A Republik Indonesia.

Khusus tahun ini, Kementerian P3A RI hanya menetapkan 264 daerah, 6 di antaranya kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, termasuk Mukomuko.

BACA JUGA:Puluhan KUB Nelayan Mukomuko Butuh Bantuan Pemerintah

Hal ini diakui Vivi, dalam proses penilaian KLA dilaksanakan secara selektif dan sistematis. Masing-masing daerah penerima anugerah harus memenuhi standarisasi penilaian yang telah ditetapkan tim penilai dari kementerian.   

Pertama berkaitan dengan kluster hak sipil dan kebebasan. Kedua, kluster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif. Ketiga, kluster kesehatan dasar dan kesejahteraan, ke empat kluster pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kebudayaan. Seterusnya, kluster perlindungan khusus dan kluster penilaian Kartu Identitas Anak (KIA). 

BACA JUGA:Jadwal Festival Danau Nibung Bergeser, Bakal Ditabuh Gubernur Bengkulu

‘’Ada 6 kluster yang menjadi acuan penilaian KLA. Untuk mendapatkan anugerah, minimal harus terpenuhi 600 poin. Jumlah poin ini yang akan menentukan kategori anugerah yang akan diterima daerah. Dan itu baru dapat diketahui setelah pengumuman resmi,’’ kata Vivi.  

Tahap evaluasi penilaian KLA tahun 2023, dimulai Februari lalu. Kemudian berlanjut pada tanggal 12 Juni untuk tahapan verifikasi. Dikatakan Vivi, pada tahapan inilah yang menjadi penentu penilaian akhir tim penilai pusat. 

‘’Alhamdulillah, dari hasil penilaian itu, Pemkab Mukomuko diundang untuk menghadiri dan menerima anugerah KLA di Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 22 Juli mendatang. Puncak penganugerahan KLA ini bertepatan dengan momen peringatan Hari Anak Nasional,’’ ujarnya. 

BACA JUGA:Dukcapil Mukomuko Bantu Penerbitan Adminduk Keluarga Korban Tertimpa Musibah Kebakaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: