Pasangan Alwaki – Kancil Pukat Suara Terbanyak di Pemilihan Ketua Nelayan Koto Jaya

Pasangan Alwaki – Kancil Pukat Suara Terbanyak di Pemilihan Ketua Nelayan Koto Jaya

Pasangan Alwaki – Kancil Pukat Suara Terbanyak di Pemilihan Ketua Nelayan Koto Jaya --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pasangan calon (Paslon) Alwaki – M Kancil berhasil memukat suara terbanyak dan terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua Nelayan Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota MUKOMUKO, Kabupaten MUKOMUKO periode 2023 – 2028. 

Hasil pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Nelayan Koto Jaya yang digelar di Gudang KKL Zikri Pantai Indah Mukomuko, Jum’at, 7 Juli 2023, siang. Diketahui dari 95 mata pilih, Paslon nomor urut 2 Alwaki – M Kancil berhasil mendulang 70 suara. Sedangkan Paslon Nomor 1 Kadar – Zainal Efendi hanya membungkus 25 suara sah. 

BACA JUGA:Dinas PUPR Mukomuko Luncurkan 3 Kegiatan Baru, Susul Proyek DAK Jalan 2023

Adapun pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Nelayan Koto Jaya periode 5 tahun ini, dimulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Pemilihan dilaksanakan secara langsung dan tertutup. Pemilih memberikan hak suara dengan memilih nomor urut pasangan.   

Jalannya pemilihan dihadiri Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Eddy Aprianto, SP., M.Si, Camat Kota Mukomuko Yulia, SE, Lurah Koto Jaya Satriadi, anggota Babinsa, Babinkamtibmas serta tokoh masyarakat Kelurahan Koto Jaya. 

Lurah Koto Jaya Satriadi kepada radarmukomuko.com, menyampaikan, pada pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Nelayan Koto Jaya diatur dengan tata tertib yang telah disepakati bersama melalui forum rapat di Kantor Lurah Koto Jaya pada 15 Juni 2023 lalu. 

BACA JUGA:Naik 100 Persen, Harga Cabai Rawit dan Cabai Merah Imbang, Kok Bisa?

Semua tata tertib pemilihan yang telah disepakati dapat dijalankan sebagaimana mestinya, sehingga masing-masing pasangan calon dapat menerima hasil pemilihan. 

‘’Alhamdulillah, pemilihan berlangsung aman dan terkendali. Karena tata tertib pemilihan berdasarkan hasil kesepakatan bersama. Bahkan pasangan calon dapat menerima hasil ketetapan suara yang mereka peroleh,’’ ungkap Lurah Satriadi. 

Menindaklanjuti hasil pemilihan ini, pada Senin mendatang segera dilakukan penetapan calon terpilih, sekaligus penerbitan SK pengangkatan dan pengukuhan pasangan calon terpilih. Menurut Satriadi, percepatan pada proses penerbitan SK pengurus nelayan ini menyangkut dengan kepentingan nelayan ke depan. Terutama berkaitan dengan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi mereka para nelayan. 

BACA JUGA:Suku Kaum Soandeko Gelitik Power Bupati dan DPRD Mukomuko, Tutup Izin Usaha Panti Pijat

‘’SK pengangkatan calon terpilih akan disegerakan. Senin nanti langsung kita proses. Mengingat para nelayan ini butuh BBM. Dalam proses pengambilan BBM subsidi pemerintah, butuh rekomendasi dari pemerintah, tentunya bermula dari usulan pengurus nelayan definitif. Sehingga ke depan, dengan telah terbentuknya pengurus nelayan ini bisa menjadi jembatan aspirasi para nelayan, khususnya di Kelurahan Koto Jaya,’’ tegas Lurah Satriadi. 

Ketua Pelaksana Pemilihan Z Arifin, menambahkan, suksesnya pelaksanaan pemilihan ini berkat kerjasama semua pihak, terutama para ketua RT dan tokoh masyarakat Kelurahan Koto Jaya. Disamping itu, meski di dalam suasana pemilihan sedikit menimbulkan persaingan antara masing-masing calon dan pemilih, ia berharap untuk kedepan saling mendukung. 

‘’Kalah dan menang dalam situasi pemilihan itu hal lumrah. Untuk kedepan, mari kita bangun kembali kekompakan. Saling dukung dan sukseskan program kerja pasangan calon terpilih,’’ demikian Z Arifin. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: