Lubuk Gedang Sosialisasi Kebencanaan dan Penanganan Covid-19

Lubuk Gedang Sosialisasi Kebencanaan dan Penanganan Covid-19

Lubuk Gedang Sosialisasi Kebencanaan dan Penanganan Covid-19 --

LUBUK PINANG, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Desa Lubuk Gedang, Kecamatan Lubuk Pinang, Pada Kamis (6/7) menggelar kegiatan sosialisasi penanganan Covid-19 dan simulasi mitigasi penanggulangan bencana. Kegiatan berlangsung di aula kantor Desa Lubuk Gedang. 

Pemateri dalam acara tersebut Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Lubuk Pinang. Serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko. Sedangkan untuk pesertanya, yaitu warga Desa Lubuk Gedang. 

BACA JUGA:Misteri Gunung Tangkuban Perahu, Dihuni Wanita Misterius Mencari Selendang

Kades Lubuk Gedang, Yunna Suwardi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini ada dua. Yaitu untuk bencana alam dan non bencana alam. Sosialisasi bencana alam yakni berkaitan dengan bencana-bencana yang terjadi dari faktor dari alam. Seperti Gempa Bumi, Banjir, Tanah Longsor dan lainnya. Maka dalam sosialisasi bencana alam dilibatkan pihak BPBD. Guna mengedukasi masyarakat untuk langkah-langkah ketika terjadinya bencana alam. Kemudian tindakan yang bisa dilakukan untuk meminimalisir bencana alam, seperti banjir. Misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga lingkungan. 

“Kita melaksanakan sosialisasi kebencanaan ini untuk meminimalisir risiko bencana. Kemudian meningkatkan kesadaran masyarakat tentang risiko bencana,” tutur Kades. 

Sedangkan untuk sosialisasi non alam, yaitu tentang kesehatan. Terkhususnya penanganan covid-19 yang melibatkan pihak UPTD Puskesmas Kecamatan Lubuk Pinang. Pemateri dalam bidang kesehatan, yaitu tentang pola hidup bersih dan sehat untuk melawan covid-19. Yakni dengan menerapkan gerakan hidup sehat (Germas). 

BACA JUGA:Nyalakan Arang Masih Dengan Menggunakan Minyak atau Bensin? Coba Ikuti Cara Nyalakan Arang Ini Dengan Mudah

“Sedangkan untuk bidang kesehatan, agar masyarakat bisa terus meningkatkan pola hidup sehat. Sehingga tidak mudah terserang penyakit,” kata Kades. 

Camat Lubuk Pinang, Ali Nasri, SH yang diwakili Sekcam, Kasmis Jaya Karman, S.Pt mengatakan, mewakili pihak kecamatan ia sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan simulasi ini. Pasalnya dengan kegiatan semacam ini merupakan langkah untuk mengedukasi masyarakat. Sehingga masyarakat tahu jika terjadi bencana apa yang harus dilakukan. Begitu juga dengan sosialisasi kesehatan, juga sangat bermanfaat tambahnya.

“Kita tentu mengapresiasi seluruh kegiatan desa yang berkaitan dengan hal positif. Ya silahkan saja desa berlomba-lomba membuat kegiatan-kegiatan sosialisasi semacam ini, serta menambah wawasan masyarakat tentang pentingnya pengetahuan tentang bencana. Demikian Sekcam*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: