Mau Liburan? Ini 10 Destinasi Wisata Terbaik di Sumatera Barat Gampang Dikunjungi

Mau Liburan? Ini 10 Destinasi Wisata Terbaik di Sumatera Barat Gampang Dikunjungi

Mau Liburan? Ini 10 Destinasi Wisata Terbaik di Sumatera Barat Gampang Dikunjungi--

Lembah Harau namanya, lokasinya dekat dengan kota Payakumbuh, dan lembah ini diapit oleh dua bukit cadas yang terjal dengan ketinggian lebih kurang 150 meter. Bentuk topografi dari Lembah Harau berbukit dan bergelombang, sangat menyenangkan saat berada di sekitaran Lembah Harau karena masih mempunyai udara yang bersih dan pengunjung dapat melihat keindahan alam.

Sekitar Lembah Harau terdapat tebing granit yang terjal dan tingginya sekitar 80 – 300 meter. Beberapa keindahan alam yang dapat anda nikmati saat berada di Lembah Harau antara lain jurang/celah alam, air terjun, tebing dan beberapa gua, selain itu terdapat juga cagar alam dan suaka margasatwa terdapat beberapa hewan lindung seperti Monyet Ekor Panjang, Siamang, Harimau Sumatera, Beruang, Tapir, Landak, Burung Kuau, dan yang lain.

BACA JUGA:Inilah Pantai Dengan Serpihan Surga Tersembunyi yang Ada di Malang

Pada lokasi wisata Lembah Harau terbagi menjadi dua lokasi yaitu Sarasah Bunta yang terdapat 5 air terjun beserta kolam penampung air terjun dan lokasi wisata yang lain yaitu Akar berayun yang terdapat kolam bagi anda yang mau berenang bersama keluarga, dan juga terdapat lokasi untuk tempat berkemah.

Jembatan Kelok Sembilan

Kelok sembilan ini tentu sudah tidak asing lagi. Dimana kelok sembilan sendiri adalah ruas jalan yang menghubungkan antara Riau dan Sumbar.

Jalanan yang berlika-liku sepanjang kurang lebih 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Jalan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. 

Jam Gadang di Bukit Tinggi

Jam Gadang merupakan salah satu ikon wisata di Sumatera Barat. Jam yang memiliki nilai sejarah tinggi ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dahulu. Jam Gadang sendiri memiliki luas 13 x 4 meter dan tinggi 26 meter yang terdiri atas beberapa tingkat.

BACA JUGA:Keindahan Alam Pantai di Kepulauan Mentawai yang Menarik Wisatawan

Di sekitar jam Gadang, adalah Pasar Bukit Tinggi yang sangat terkenal dengan harga barangnya yang murah meriah. Dari waktu ke waktu lokasi jam gadang selalu mengalami pembaruan untuk lebih menarik dengan selera kekinian.

Pantai Padang 

Beralih ke Kota Padang, Pantai Padang menjadi destinasi wisata di Sumatera Barat yang wajib Anda kunjungi. Pantai nan rancak ini berada di pusat kota, tidak ada kendala untuk datang dan menikmati pemandangannya. Orang Padang menyebut Pantai Padang dengan sebutan TAPLAU (TAPI LAUIK).

Istana Pagaruyung 

Sumatera Barat sangat terkenal dengan masyarakatnya yang masih menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai budayanya, adat bersandi syarak, syarak bersandi kitabullah. Salah satu peninggalan budaya masyarakat minangkabau adalah Istana Pagaruyung, atau Istano Basa. Yang letaknya di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini merupakan obyek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: