Rumah Milik Petani dan Buruh Perkebunan di Ipuh Mukomuko Ludes Terbakar

Rumah Milik Petani dan Buruh Perkebunan di Ipuh Mukomuko Ludes Terbakar

Rumah Milik Petani dan Buruh Perkebunan di Ipuh Mukomuko Ludes Terbakar --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Peristiwa kebakaran di Desa Semundam, Kecamatan Ipuh, Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu, hanguskan 2 unit rumah milik petani dan pekerja buruh perkebunan. Dalam peristiwa ini, tak satu pun barang berharga di dalam rumah terselamatkan. Hal ini disampaikan Kepala Desa (Kades) Semundam Amril Mukmin, Jum’at, 30 Juni 2023.

‘’Habis semuanya, tak satu pun barang yang ada di dalam rumah yang bisa diselamatkan. Kejadian kebakaran ini sekitar pukul 23.00 WIB, Kamis malam Jum’at tadi,’’ kata Amril Mukmin.

BACA JUGA:Sejumlah Petani Sawit Mukomuko Mendeklarasikan Gus Imin Presiden

Kades Amril menjelaskan, kobaran api bermula dari rumah milik Asran (35), pekerjaan petani. Kemudian, api menjalar ke rumah tetangganya, Saripon (37), seorang mandor pada perusahaan perkebunan PT. Alno.

‘’Api bermula dari rumah Asran, kemudian menjalar ke rumah Saripon, yang hanya berjarak sekitar 2 meteran,’’ ungkapnya.  

Saat kejadian rumah dalam kondisi kosong. Diketahui, Asran sedang menjalani perawatan di Puskesmas Ipuh, anak dan istrinya ikut ke rumah sakit. Sementara, Saripon beserta keluarganya tinggal di perumahan PT. Alno. 

BACA JUGA:Tim Gabungan Ahli Temukan Dugaan Potongan Jasad Manusia di Puing Kapal Titan

‘’Rumah dalam kondisi kosong. Dugaan penyebab kebakaran ini, korsleting arus pendek listrik,’’ ujarnya. 

Masih Amril, kejadian ini pertama kali diketahui oleh dua orang pemuda Desa Semundam, Alga dan Randa yang tiada lain adalah tetangga depan rumah korban. Secara kebetulan, Yoga dan Randa ketika itu sedang duduk di teras rumah mereka, dan menyaksikan asal mengepul dari rumah Asran. 

Kelang beberapa menit, kedua saksi mata ini melihat api makin membesar dan memberi tahu warga lainnya. Warga berdatangan untuk membantu proses pemadaman api. Namun api tidak berhasil dijinakkan, hingga menjalar ke rumah Saripon. 

Tiada lama kemudian, kata Kades Amril, mobil pemadam kebakaran tiba ke lokasi. Namun dalam peristiwa ini, petugas pemadam kebakaran mengambil langkah bijak, tidak lagi memadamkan api di dua rumah yang telah terlanjur hangus terbakar, akan tetapi menyelamatkan rumah milik Joni (35), yang hampir dilalap api. 

BACA JUGA:5 Gender di Suku Bugis, Salah Satunya Dianggap Manusia Suci

‘’Melihat api yang sudah terlanjur membesar, petugas pemadam berupaya menyelamatkan rumah lainnya yang berada di deretan rumah yang terbakar itu. Rumah milik Joni, berjarak sekitar 2 meteran dari rumah Saripon. Sebelum rumah Joni terbakar, api berhasil dipadamkan,’’ kata Kades. 

Selain itu, Kades juga menyampaikan kejadian ini telah dilaporkan secara lisan kepada Pemerintah Kabupaten Mukomuko, dan meminta bantuan sosial untuk warganya tertimpa musibah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: