Keunikan 5 Suku Asli Lampung, Gambaran Keragaman Bahasa Indonesia

Keunikan 5 Suku Asli Lampung, Gambaran Keragaman Bahasa Indonesia

Keunikan 5 Suku Asli Lampung, Gambaran Keragaman Bahasa Indonesia--

RADARMUKOMUKO.COM – Provinsi Lampung dengan Ibu Kota Bandar Lampung, didiami oleh berbagai suku bangsa. Setidaknya ada lima suku asli yang cukup dikenal. 

Posisi Lampung secara geografis berada di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

BACA JUGA:Mengenal Suku Wanita, Suka Menculik Pria Agar Bisa Hamil

Kemudian di sebelah timur dengan Laut Jawa, di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatra Selatan, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Sunda.

Kondisi ini turut mempengaruhi suku-suku yang ada di Lampung.

Uniknya lagi, masyarakat Lampung yang plural menggunakan berbagai bahasa, antara lain: bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Bali, bahasa Basemah, bahasa Bugis, bahasa Minang, dan bahasa setempat yang disebut bahasa Lampung.

Untuk jelaskan, berikut lima suku penduduk lampung, dilansir dari berbagai sumber.

Suku Lampung Pesisir

Suku Lampung Pesisir merupakan suku asli tertua di Provinsi Lampung. Sebagian besar suku ini mendiami daerah pinggir pantai atau pesisir dengan bermata pencaharian sebagai nelayan dan pedagang.

Menurut ahli sejarah, suku Lampung Pesisir merupakan generasi yang muncul bersamaan dengan kemunculan Kerajaan tertua yaitu Kerajaan Sekala Berak.

Suku Lampung Pesisir berkomunikasi menggunakan bahasa khusus yang disebut bahasa Lampung Dialek “A”.

BACA JUGA:Tradisi Suku Polahi, Boleh Kawin dengan Saudara Bahkan Orang Tua, Tidak Mau Dijajah

Perbedaan dengan bahasa Lampung yang lain ialah pengucapannya lebih jelas sehingga kalau Anda mendengarkan dengan seksama, warga suku ini seakan berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang fasih.

Keunikan berikutnya ialah warga suku yang mendapatkan kehormatan sebagai tetua adat biasanya diambil dari kalangan bangsawan bukan rakyat jelata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: