TPID Mukomuko Telisik Pasar, Antisipasi Lonjakan Harga Barang Jelang Idul Adha

TPID Mukomuko Telisik Pasar, Antisipasi Lonjakan Harga Barang Jelang Idul Adha

TPID Mukomuko Telisik Pasar, Antisipasi Lonjakan Harga Barang Jelang Idul Adha--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Antisipasi lonjakan harga barang. Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten MUKOMUKO keliling pasar. Menelisik harga sekaligus mengecek persediaan Sembako dan barang kebutuhan lainnya jelang Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Dari dua pasar tradisional yang telah dijajaki, TPID Kabupaten Mukomuko belum menemukan adanya lonjakan harga pada setiap barang kebutuhan rumah tangga. 

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Mukomuko Apresiasi Kinerja Eksekutif, Pelaksanaan DAK 2023 Sesuai Skedul

Hal ini disampaikan Pelaksana tugas Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Mukomuko, Nurdiana, MAP selaku bagian dari TPID Mukomuko

‘’Kemarin, kami dari TPID Mukomuko turun ke Pasar Pulai Payung Kecamatan Ipuh. Hari ini ke Pasar Lubuk Mukti Penarik. Hasil penelusuran, belum ditemukan adanya lonjakan harga barang kebutuhan. Semua barang kebutuhan masih terpantau stabil,’’ ungkap Nurdiana.

BACA JUGA:Pemerintah Telah Menetapkan 1 Zulhijah 1444 H, Hari Raya Idul Adha Menjadi Dua Hari?

Monitoring dan evaluasi (Monev) kali ini bertujuan sebagai bahan evaluasi TPID dalam hal mengambil langkah kebijakan pengendalian harga barang kebutuhan pokok di wilayah Kabupaten Mukomuko. Selain itu, tim juga sempat mengecek persediaan gas LPG 3 kilogram (Kg) di beberapa pangkalan gas. 

‘’Hasil Monev ini, dasar pertimbangan TPID dalam mengambil langkah kebijakan pengendalian harga. Namun untuk sementara, situasi masih terbilang aman. Belum ada lonjakan harga maupun ancaman dari stok pangan,’’ paparnya. 

Selain itu, Nurdiana juga menyampaikan bahwa giat pemantauan ini dilaksanakan hingga tanggal Kamis, 22 Juni mendatang. 

‘’Sesuai rencana, tim akan turun ke lapangan dan menyambangi beberapa pasar tradisional lainnya, terakhir Kamis lusa,’’ demikian Nurdiana. * 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: