Mitos Suku Limun, Penghuni Kota Gaib di Padang 12

Mitos Suku Limun, Penghuni Kota Gaib di Padang 12

Mitos Suku Limun, Penghuni Kota Gaib di Padang 12--

RADARMUKOMUKO.COM - Sebagian suku dan daerah memiliki cerita rakyat yang sebagian mungkin hanya mitos. Salah satunya terkait dengan cerita gaib yang menyeramkan dan bikin merinding. Tidak sedikit masyarakat meyakini cerita gaib tersebut benar-benar ada.

Salah satunya yang cukup terkenal dan bahkan belakangan ini ramai dibahas, seiring dengan pembangunan Ibukota Nusantara di Kalimantan, yaitu Orang suku Limun.

Untuk orang Ketapang dan Kalimantan Barat pasti sudah tidak asing lagi dengan cerita tentang mewahnya kota Padang 12. Namun kini misteri kota Padang 12 sudah menyebar ke seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Suku Satu ini Melarang Wanita Mandi dan Muliakan Tamu Boleh Tiduri Istri

Dalam cerita rakyat digambarkan bahwa Padang 12 merupakan padang rumput yang luasnya mencapai 12 km dan kawasan itu dihuni orang Limun atau ‘orang kebenaran’. orang Limun bisa terlihat ketika mereka memperlihatkan diri.

Selain itu, orang suku limun hanya bisa disaksikan oleh mereka yang ‘kasyaf’ atau mampu melihat dengan mata batin. Namun, menurut warga lokal, Padang 12 hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang berhati bersih dan suci, jauh dari kesombongan dan ketamakan.

Ada pula yang berpendapat sebaliknya, jika seseorang melewati Padang 12 dengan sikap takabur atau sombong terhadap daerah tersebut atau berbuat jahat di daerah tersebut, maka kemungkinan besar akan melihat pemandangan aneh namun menyeramkan, bahkan ‘diganggu’. 

BACA JUGA:Kesaktian Suku Dayak, Dilindungi Panglima Burung Hingga Mandau Terbang

Konon katanya, kota gaib ini sudah ada sejak zaman nenek moyang, dan banyak cerita melegenda tentang orang-orang yang melihat atau bahkan bertemu dengan penduduk Padang 12. Mereka menyebutnya penduduk kota Padang 12 adalah orang ‘Limun’ atau orang kebeneran.

Orang Limun digambarkan wujudnya hampir sama dengan manusia pada umumnya. Perbedaannya adalah orang Limun tidak memiliki belahan di bagian bawah hidung dan atas bibir.

BACA JUGA:4 Suku Gaib Yang Terkenal, Nomor 3 Orang Suci dan Nomor 4 Suka Bikin Tersesat di Hutan

Sebagian masyarakat percaya kalau orang Limun adalah keturunan dari malaikat Harut dan Marut, sehingga orang Limun memiliki sifat yang suci dan taat beribadah.

Orang-orang juga mempercayai jika bangsa Limun adalah jin Muslim yang telah mendiami Padang 12 sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.

Dikisahkan juga jika orang Limun memiliki kehidupan sehari-hari layaknya manusia biasa. Mereka menjalani kehidupan yang mewah di Padang 12. Kota tersebut kabarnya memiliki wilayah yang bersih, nyaman, indah, serta mewah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: