Sejarah dan Keunikan 8 Suku Asli Papua, Nomor 6 Dikenal Ganas

Sejarah dan Keunikan 8 Suku Asli Papua, Nomor 6 Dikenal Ganas

Sejarah dan Keunikan 8 Suku Asli Papua, Nomor 6 Dikenal Ganas-Dok-

Korowai adalah nama salah satu suku Papua yang menempati dataran redah sebelah selatan pegunungan Jayawijaya. Kelompok masyarakat Korowai tinggal disekitar rawa, hutan mangrove dan lahan basah.

Suku ini juga dikenal sebagai salah satu suku kanibal Papua. Orang-orang Korowai tidak mengenakan koteka seperti kebanyakan suku di Papua lain. Kehidupan mereke tercukupi oleh kegiatan berburu dan mengumpulkan makanan. Keunikan Suku Korowai adalah tempat tinggalnya berada di rumah pohon.

BACA JUGA:7 Suku Tertua di Indonesia, Salah Satunya Hilang Secara Misterius

Walaupun belum bisa dipastikan kebenarannya, beberapa laporan menyebutkan bahwa suku ini masih melakukan ritual kanibalisme sampai saat ini. Yang pasti mereka hidup terisolasi dan hampir tidak pernah kontak dengan orang luar.

Pengorbanan hewan adalah hal yang umum di antara suku Korowai dan kehidupan mereka seputar pada sihir dan roh. Meskipun mereka telah menyambut kontak dunia modern dalam beberapa dekade terakhir, mereka masih merupakan salah satu suku yang ganas di dunia. 

7. Suku Bauzi

Suku ini termasuk salah satu dari 14 suku terasing. Pernyataan ini dikeluarkan oleh lembaga misi dan bahasa Amerika Serikat. Dinyatakan demikian karena suku Bauzi menempati wilayah terisolir, pakaian lelaki hanya berupaca cawat dari selembar daun atau kulit pohon yang dikeringkan dan diikat pada ujung kelamin.

BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Wanita Suku Bali Terkenal Cantik

Untuk para wanita mengenakan selambar daun atau kulit kayu yang dikeringkan dan diikatkan pada pinggang mereka. Kehidupan orang Bauzi bisa dikatakan masih primitif karena masih mengandalkan kegiatan berburu dan nomaden. Saat menyambut tamu, para pria dewasa akan mengenakan hiasan kepala dari bulu kasuari dan melaburi tubuh dengan sagu.

8. Suku Huli

Huli adalah salah satu suku dengan populasi terbesar di Papua. Suku Papua ini dapat dikenali dengan lukisan kuning, merah dan putih pada wajah mereka.

Selain itu, ada pula tradisi unik membuat wig dari rambut mereka sendiri. Untuk kegiatan sehari-hari, mereka menggunakan kapak dan cakar.

Selain itu, berikut ini beberapa suku yang mendiami Papua. Suku Ansus, Ayamaru, Bauzi,  Biak, Empur, Hatam, Komoro, Mee, Meyakh, Moskona, Nafri, Sentani, Souk, Waropen, Wamesa, Muyu, Tobati, Enggros, Korowai dan Fuyu.

BACA JUGA:10 Suku Penghasil Wanita Cantik Alami di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Demikian sejarah singkat suku-suku di papuas, semoga informasi ini bermanfaat menambah pengetahuan terkait keragaman suku di Nusantara. Jika ada kesalahan penulisan, penyebutan dan lainnya akan diperbaiki pada konten berikutnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: