Ini Penyebabnya Terbentuknya 1340 Suku di Indonesia

Ini Penyebabnya Terbentuknya 1340 Suku di Indonesia

Ini Penyebabnya Terbentuknya 1340 Suku di Indonesia --

BACA JUGA:11 Suku Yang Terkenal dengan Kencantikan Kaum Wanitanya, Pria Pasti Terpesona

Misalnya, ada orang keturunan Belanda, Inggris, Portugis, Spanyol, China, India, sampai Jepang di Indonesia. Kebetulan, bangsa-bangsa itu memang datang ke Indonesia sejak zaman dulu.

2. Negara kepulauan

Selain letaknya yang strategis, faktor yang menyebabkan perbedaan suku bangsa di Indonesia adalah kondisi negara kepulauan. Secara total, ada 16.771 pulau di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Hal ini membuat hubungan antarmasyarakat di pulau yang satu dengan yang lainnya kerap terhambat, sehingga masyarakat di pulau tertentu mulai mengembangkan kebiasaannya sendiri.

BACA JUGA:4 Suku Utama, Sumbar Miliki 72 Suku dan 12 Suku di Negeri Sembilan Malaysia

BACA JUGA:6 Suku Asli Bengkulu, Diantaranya Berasal dari Minang, Pelembang dan Lampung

Tak hanya kebiasaan, masyarakat di masing-masing pulau juga mengembangkan adat, budaya, sampai kepercayaannya masing-masing. Alhasil, Indonesia semakin beragam.

Masing-masing daerah jadi punya suku, bahasa, budaya, sistem kepercayaan, agama, sampai norma dan nilai yang berbeda-beda di masyarakatnya.

Contohnya, bahasa orang Padang berbeda dengan orang Jawa. Bahasa Padang lebih banyak terkena pengaruh Melayu, sementara bahasa Jawa menyerap pengaruh India.

3. Kondisi alam

Faktor penyebab keberagaman budaya di Indonesia berikutnya adalah kondisi alam. Sama halnya dengan budaya yang berbeda-beda di masing-masing daerah, kondisi alamnya juga tak sama.

Hal ini tentu berdampak pada keberagaman di Indonesia karena mempengaruhi kebiasaan, mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian, bentuk rumah, tata kehidupan masyarakat, sampai kepercayaan di tiap daerah.

BACA JUGA:15 Suku Sumatera Barat, Malaysia dan 4 Provinsi Ini Masuk Kerajaan Minangkabau

BACA JUGA:6 Suku Asli Bengkulu, Diantaranya Berasal dari Minang, Pelembang dan Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: