5 Alasan Warga Minang Suka Merantau, “Pantang Pulang Sebelum Sukses”

5 Alasan Warga Minang Suka Merantau, “Pantang Pulang Sebelum Sukses”

Lirik lagu minang untuk perantau-Radar Mumuko-istimewa radar mukomuko

 

RADARMUKOMUKO.COM - Hidup merantau merupakan salah satu kebiasaan orang Minang Sumatera Barat (Sumbar). Hingga dimanapun seluruh daerah Indonesia ada orang minang, bahkan diberbagai negara di dunia. Salah satu buktinya yaitu keberadaan rumah makan padang bisa ditemukan di daerah manapun hingga luar negeri.

Untuk diketahui juga, secara bahasa, pengertian Merantau adalah berpindah tempat dari tempat semula ke tempat yang lain atau baru, dengan tujuan tertentu. 

Di sana, seseorang akan menjalani kehidupan baru selayaknya bagaimana orang-orang yang tinggal di daerah tersebut. 

Kelebihan orang minang, pinter menyesuaikan diri dimanapun berada. Maka tidak heran, kemanapun orang minang akan disambut baik.

Ini sejalan dengan prinsip-prinsip hidup dan nasihat-nasihat dari pepatah Minangkabau selalu mereka tegakkan dan dijadikan sebagai pedoman hidup. 

Seperti kata pepatah, ”Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”.

BACA JUGA:Suku Minangkabau, Sejarah dan Tradisi Yang Melegenda

BACA JUGA:15 Suku Sumatera Barat, Malaysia dan 4 Provinsi Ini Masuk Kerajaan Minangkabau

Berikut, beberapa Alasan Kenapa Orang Minang Suka Merantau dilansir dari berbagai sumber:

 

Faktor Sistem Matrilineal

Faktor Peyebab Orang Minang Merantau yang pertama adalah karena faktor Matrilineal, yakni Pembagian warisan dan harta pusaka yang diterima perempuan dalam jumlah lebih banyak, sedangkan pihak pria hanya sedikit.

Sistem ini sudah berlaku sejak lama dan masih dipertahankan hingga sekarang. Hal ini menjadi pendorong pria-pria muda Minang untuk lebih giat dalam mencari uang, sehingga memutuskan untuk merantau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: