Pengoralan JUT, Setia Budi Tuntaskan Fisik DD Tahap I

Pengoralan JUT, Setia Budi Tuntaskan Fisik DD Tahap I

Pengoralan JUT, Setia Budi Tuntaskan Fisik DD Tahap I--

 TERAS TERUNJAM, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Desa Setia Budi, Kecamatan Teras Terunjam, telah menuntaskan fisik Dana Dana (DD) tahap I. Bangunan berupa pengoralan Jalan Usaha Tani (JUT). Berlokasi di Dusun I. Panjang 1.100 meter, lebar 3 meter, tinggi 15 senti meter. Sumbar anggaran DD tahap I, tahun 2023, nilai Rp 232 juta. Jumat 19 Mei, JUT telah dilakukan serah terima. Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) menyerahkan kepada pemerintah desa. Dilanjutkan dari pemerintah kepada masyarakat melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD). 

Serah terima bangunan dihadiri Kasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Kecamatan Teras Terunjam, Salbaini, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Herwin Hidayat, S.Pd. Juga hadir Babinsa dari Koramil 0428-01 Mukomuko, Ketua dan anggota BPD Setia Budi. Tidak ketinggalan, Kadus, ketua Rt, TPK, serta perwakilan masyarakat. Bertempat di kantor desa setempat. serah terima bangunan difasilitasi Pemerintah Desa (Pemdes) di bawah komando Sekdes, Suranto. Sejak 1 bulan terakhir, Kades Setia Budi, Jumadi, sedang sakit.

BACA JUGA:WhatsApp Merilis Fitur Keamaan Baru, Bisa Sembunyikan Pesan di WA

Sekdes Setia Budi, Suranto, dalam sambutannya menyampaikan, sebelum dilakukan serah terima, lebih dulu dilakukan opname. Opname melibatkan pendamping desa, BPD, TPK. Masukan saran, dari tim opname telah dilakukan. Dengan demikian, fisik sudah sesuai dengan spesifikasi yang ada.

‘’Sebelum serah terima, fisik sudah diopname dan telah dilakukan perbaikan sesuai arahan tim opname,’’ ujar Suranto.

Sekdes mengajak segenap warga Setia Budi, untuk sama-sama menjaga dan merawat bangunan ini. Pembangunan jalan ini menggunakan dana pemerintah yang tidak sedikit. Ratusan juta. Jalan usaha tani di Setia Budi, terus bertambah. Jika pemeliharaan diserahkan kepada pemerintah desa, tidak akan sanggup.

‘’Jalan yang sudah dibangun ini, mari kita jaga dan rawat bersama,’’ ajak Sekdes.

BACA JUGA:Daftar Hero Mobile Legends yang Kena Buff dan Nerf, Ada Hero Baru dan Cara Mendapatkan Fragmen

Hal senada disampaikan oleh Ketua BPD Sabar Eko Wibowo. Ia mengatakan, Setia Budi, salah satu desa penghasil sawit terbesar. Ribuan ton sawit dihasilkan setiap bulannya. Jalan menjadi pendukung utama kelancaran aktivitas masyarakat. Oleh karena itu, peningkatan jalan usaha tani, menjadi prioritas. Sabar juga mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat jalan yang sudah dibangun. Cara yang paling mudah adalah, tidak membawa sawit yang melebihi kemampuan jalan. 

‘’Untuk kawan-kawan toke sawit, jangan membawa muatan yang kapasitasnya melebihi kemampuan jalan,’’ pesan Sabar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: