Banjar Sari Salurkan BLT DD Kepada 20 KPM

Banjar Sari Salurkan BLT DD Kepada 20 KPM

Banjar Sari Salurkan BLT DD Kepada 20 KPM--

SUNGAI RUMBAI, RADARMUKOMUKO.COM - Hari ini Selasa 16 Mei 2023 Pemerintah Desa (Pemdes) Banjar Sari Kecamatan Sungai Rumbai menjadwalkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap I Tahun Anggaran (TA) 2023.

Dimana jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD itu sebanyak 20 KPM. Semua keluarga yang jadi penerima bantuan itu, kategorinya adalah keluarga miskin ekstrim.

Sesuai dengan regulasi dan petunjuk teknis. Kriteria penerima BLT-DD tahun ini adalah warga yang dikategorikan miskin ekstrim. Dan bukan lagi warga yang terdampak Covid-19.

BACA JUGA:Viral, Warga Silaut Diduga Bawa Kabur Uang Arisan 3 Milyar,Korban Hampir 1 RT hingga ke Mukomuko

Kepala Desa (Kades) Banjar Sari, Muh Sopyan mengatakan, sebenarnya untuk Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) penjaringan dan penetapan jumlah KPM BLT-DD ini sudah lamah dilaksanakan. Namun, jumlah KPM BLT-DD yang ditetapkan anggarannya di bawah 10 persen.

Sementara regulasinya desa harus mengalokasikan Dana Desa (DD) minimal 10 persen dan maksimal 25 persen. Karena jumlah awal yang ditetapkan di bawah 10 persen. Jadi pihaknya harus Musdesus ulang revisi dan meninjau kembali jumlah KPM BLT-DD yang sudah ditetapkan. "Awalnya kita menetapkan jumlah KPM BLT-DD 6 orang. Setelah direvisi sekarang jumlah KPM kita sebanyak 26 orang," kata Sopyan Senin,(15/5).

BACA JUGA:Memasuki Tahun Politik, Kades Serta Perangkat di Ingatkan Netral

Lanjutnya, dalam revisi jumlah KPM beberapa waktu lalu ada penambahan sebanyak 14 orang. Jadi jumlah KPM BLT-DD saat ini sebanyak 20 KPM. Semua keluarga yang ditetapkan sebagai penerima BLT-DD tahun ini memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan. Karana sebelum ditetapkan sebagai penerima, calon penerima BLT-DD tersebut diseleksi terlebih dahulu.

"Kita pastikan semua KPM BLT-DD ini sesuai dengan kriteria yang sudah tetapkan pemerintah pusat. Kita berharap keluarga yang ditetapkan sebagai penerima ini bisa sedikit terbantu," imbuhnya.

BACA JUGA:Ketahanan Pangan Desa Mekar Sari Dongkrak Perekonomian Masyarakat

Ditambahkannya, setelah melewati proses yang rada panjang. Sekarang dana bantuan tunai tersebut sudah masuk ke rekening kas desa. Dan siap untuk tarik, dan langsung disalurkan kepada keluarga yang ditetapkan sebagai penerima. Kalau tidak ada halangan penyaluran segara dilakukan. Karena penyaluran BLT-DD tahap I tahun ini memang terjadi sedikit keterlambatan. Tetapi hal itu bukan karen unsur kesengajaan.

"Besok (hari ini red) kita menyalurkan BLT-DD tahap I. Undangan sudah kita buat dan hari ini dibagikan kepada penerima," tutupnya*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: