Sedang Melakukan Program Diet? Hindari Makan Di Jam-jam Ini, Bikin Tambah Gemuk Lho!

Sedang Melakukan Program Diet? Hindari Makan Di Jam-jam Ini, Bikin Tambah Gemuk Lho!

Menjaga pola makan saat program diet--Pixabay

RADARMUKOMUKO.COM - Agar proses penurunan berat badan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang kita inginkan, maka kita harus tahu trik-triknya dan menghindari beberapa pantangan yang akan menggagalkan program diet kita.

Kebanyakan orang yang Melakukan program diet berfikir bahwa makanan yang mereka makan menjadi penentu utama dalam penurunan berat badan. Namun, para ilmuwan telah menemukan bahwa waktu makan juga dapat mempengaruhi perubahan pada bentuk tubuh.

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Kukuhkan TPAKD 2023, Ini Tujuannya

Salah satu studi telah menunjukkan bahwa untuk kesehatan yang optimal, waktu terbaik untuk mengonsumsi sebagian besar kalori di awal hari daripada telat makan, contoh makan sarapan dengan porsi besar, makan siang sederhana, dan makan malam kecil.

Melansir dari beberapa sumber, apabila kita mengikuti siklus sirkadian, makan malam dianggap dapat menambah berat badan.

Siklus tersebut menjelaskan bahwa pakan saat larut malam bukanlah waktu yang tepat untuk makan melainkan tanda waktu beristirahat.

Dalam penelitian lain, menunjukkan bahwa orang dewasa yang makan di atas pukul delapan malam memang berpotensi menjadi lebih gemuk.

BACA JUGA:SM Entertaiment Umumkan Lucas Hengkang Dari NCT dan WayV

Ditambah lagi, apabila terdapat makanan yang dikonsumsi memiliki porsi dua kali lebih besar serta kalori yang tinggi namun nutrisi tidak seimbang. Maka hal ini dapat dipastikan bahwa berat badan akan bertambah dan program ditemu hanya sia-sia.

Maka dari itu, selama kalorinya masih tetap terkontrol dan tidak Melebihi batas total kalori harian tubuh, makan di jam malam dianggap tidak terlalu signifikan untuk menambah berat badan.

Meski begitu, makan di atas jam 8 malam memang beresiko terhadap penumpukan lemak karena tubuh sedang kurang aktif bergerak.

BACA JUGA:Inilah Modus Peserta Yang Tertangkap Curang Saat UTBK di Universitas Bengkulu

Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kamu ingin mengetahui waktu makan yang tepat agar dapat membantu menurunkan berat badan.

Diantaranya yaitu, Jangan pernah melewatkan sarapan, sarapan dengan porsi yang besar, Makan siang dengan porsi yang sedikit, serta menghindari makan di larut malam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: