Inilah Manfaat Yang Akan Kamu Dapatkan Apabila Mengonsumsi Buah Jambu Biji Secara Rutin

Inilah Manfaat Yang Akan Kamu Dapatkan Apabila Mengonsumsi Buah Jambu Biji Secara Rutin

Buah Jambu biji memilik banyak manfaat bagi kesehatan-Ilustrasi-Pixabay

RADARMUKOMUKO.COM - Jambu Biji atau dalam bahasa Latin Psidium Guajaya Merupakan salah satu jenis jambu yang termasuk dalam tanaman tropis berasal dari Brazil. Buah ini disebarkan ke Indonesia melalui Thailand.

Jambu biji ini memiliki buah berwarna hijau dengan daging buahnya yang berwarna hijau atau merah serta memiliki rasa asam-manis.

Buah yang memiliki bentuk oval ini memiliki kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan serta kerap dijadikan sebagai teh herbal dan ekstrak daunnya juga dijadikan senagai suplemen.

BACA JUGA:Kiat Olaharaga Sederhana Yang Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan

Buah jambu biji memiliki kandungan yang kaya akan antikosidan, vitamin C, potasium, dan serat. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang luar biasa ini membuat jambu biji banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Melansir dari Healthline, berikut adalah manfaat jambu biji bagi kesehatan apabila rutin dikonsumsi

1. Membantu Meringankan Sakit Menstruasi

Saat menstruasi, banyak wanita yang mengalami dismenore – atau gejala nyeri haid Seperti kram perut tingkat terasa sangat sakit.

Salah satu penelitian telah membuktikan bahwa jambu biji ternyata dapat mengurangi intensitas nyeri kram menstruasi tersebut.

BACA JUGA:Cerita Misteri Dibalik Keunikan Danau Nibung Mukomuko, Dijaga Ular Peliharaan Nyi Roro Kidul

Hal ini berdasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan pada 197 wanita yang mengalami gejala nyeri tersebut. Mereka pun diminta untuk mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari. Hasilnya, mereka mulai merasakan pengurangan intensitas nyeri yang lebih ampuh daripada obat penghilang rasa sakit.

2. Membantu Menirunkan Berat Badan

Jambu biji ternyata termasuk dalam salah satu jenis buah yang ramah untuk menurunkan berat badan. Karena jambu biji merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan kalori rendah.

Jambu biji hanya memiliki sekitar 37 kalori dalam satu buah yang merupakan 12% dari asupan serat harian sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai Cemilannya saat diet menurunkan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: