Alasan Mengapa Rasulullah Tidak Menyukai Warnah Merah

Alasan Mengapa Rasulullah Tidak Menyukai Warnah Merah

Alasan Mengapa Rasulullah Tidak Menyukai Warnah Merah--

RADARMUKOMUKO.COM - Apakah kamu tahu bahwa ada sehuah warna yang tisak disukai oleh Rasulullah SAW?

Rasullulah SAW tidak menyukai beberapa warna terutama warna dalam berpakaian yang beliau gunakan. Berdasarkan sejumlah riwayat Hadis, beliau tidak menyukai warna merah.

Memakai pakaian berwarna merah atau hitam serta menggunakan pakaian yang dicelup bukanlah petunjuk Rasulullah SAW.

Berdasarkan pada At-Tasyabbuh Al-Manhu Anhi fio Al-Fiqhi Al-Islami karya Jamil bin Habib Al-Luwaihiq terdapat lima riwayat yang menyebutkan bahwa ketidaksukaan Rasullulah SAW Terhadap warna merah. Salah satunya adalah berasal dari Raci’ bin Khudaij RA.

BACA JUGA:Sambil Rebahan, Dapatkan Saldo Dana Gratis Rp 125.000, Instal Apliasi Ini

“Kami keluar berpergian dengan Rasulullah SAW. Tiba tiba beliau melihat di atas binatang Tunggangan dan unta unta kami kantong kantong yang padanya Benang Benang terbuat dari kapas yang berwarna merah. Maka Rasulullah SAW Bersabda, ‘Tidakkah Aku melihat bahwa merah merah ini telah menyulitkan kalian?’ Kami segera berdiri dan mencabutnya sehingga sebagian untuk minta kami melarikan diri,”

Dalam riwayat lain, seorang wanita dari Bani Asad  berkata

“Aku Sedang di rumah Zainab, istiri Rasulullah SAW dan Kami ketika itu sedang mewarnai bajunya dengan tanah merah. Ketika kamu sedang melakukan hal tersebut, tiba tiba muncul terlihat oleh kami Rasullulah SAW. Ketika beliau melihat tanah merah itu langsung pergi keluar. Ketika Zainab melihat kejadian itu yang mengerti bahwa Rasulullah SAW Tidak suka dengan apa yang ia lakukan. Maka ia mengambil pakaian itu dan mencucinya dan warnanya dengan tanah merah yang kering. Setelah itu Rasulullah SAW pulang. Dan ketika beliau tidak melihat apa apa maka beliaupun masuk.”

BACA JUGA:Pemilih di Mukomuko 137 Ribu, Syarat Jadi Dewan Suara Caleg Harus Segini

Dalam At Thin an-Nabawi karya Ibnu Qayyim al-Jauziygah dikatakan, Rasulullah SAW Pernah memakai pakaian merah, tepatnya pada slendang yang ia Kenakan diaman yang berwarna hitam, merah, dan putih.

Dalam beberapa sumber dijelaskan bahwa ketika beliau memakai pakaian warna merah, pasti ada warna lain yang menyertainya, seperti putih atau hitam.

Artinya Rasulullan Tidak pernah menggunakan pakaian yang berwarna merah polos.

Adapun Hadis sahih Sebagaimana terdapat dalam Shahih Bukhari, jelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah mengenakan pakaian berwarna merah. Menurut Imam Jalaluddin As-Suyuthi dalam Asbabul Wirud, Pakaian tersebut lah dicelupkan ke dalam air berwarna sebelum tenun. 

BACA JUGA:Sama-Sama ASN, Ini Perbedaan Tes PPPK dan CPNS Yang akan Diumumkan Pemerintah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: