Daftar dan Jadwal Pencairan Bansos Bulan Mei 2023, Ini Cara Mengeceknya

Daftar dan Jadwal Pencairan Bansos Bulan Mei 2023, Ini Cara Mengeceknya

Cara daftar dan cek nama penerima Bansos--

RADARMUKOMUKO.COM – Pada bulan mei ini sejumlah bantuan sosial (Bansos) kembali air, bisa cek di cekbansos.kemensos.go.id. Diantara Bansos Kemensos yang akan cair di bulan Mei 2023 yaitu PKH dan BPNT untuk menyasar masyarakat yang kurang mampu.

Keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa uang tunai dan sembako dengan nominal yang tidak sama. Bansos PKH 2023 akan diterima oleh masyarakat berupa uang tunai dengan nominal yang berbeda-beda sesuai dengan kategori.

BACA JUGA:Total Rp 1 Miliar, Kerugian Negara Korupsi Bansos BPNT Sudah Dikembalikan Rp 464,8 Juta

Dilansir dari radarcirebon.co Uang tunai yang diberikan pemerintah untuk KPM senilai Rp900.000 sampai dengan Rp3 juta dalam kurun waktu satu tahun.

Bantuan yang disalurkan secara bertahap selama 3 bulan, sehingga bantuan yang didapatkan mulai dari Rp225.000-Rp750.000.

Penerima PKH 2023 adalah Ibu Hamil, Lansia, anak usia dini, disabilitas, juga siswa dari tingkat SD-SMA.

Sedangkan, untuk besaran BPNT 2023 yang disalurkan setiap bulan yaitu Rp200.000 dalam bentuk sembako.

BACA JUGA:Bansos BLT BPNT Sembako Mulai Cair, Silahkan Cek Disini

Bansos PKH dan BPNT Mei 2023 hanya bisa dicairkan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di bank Himbara dan melaui Kantor Pos.

Khusus untuk KPM yang terbiasa mencairkan bansos di Kantor Pos, wajib menyiapkan beberapa dokumen seperti KK, KTP, dan surat undangan yang disebar oleh petugas biasanya melalui desa atau kelurahan setempat.

Pencairan bansos PKH dan BPNT Mei 2023 diprediksi akan cair di minggu pertama di bulan Mei 2023.

Masyarakat yang sebelumnya bertanya-tanya kapan bansos PKH dan BPNT Mei 2023 cair, bisa menyiapkan KKS dan dokumen yang dibutuhkan untuk pencairan. Atau bisa siap-siap melakukan pengecekan di cekbansos.kemensos.co.id.

KPM disarankan untuk menyiapkan KTP yang terdaftar di DTKS Kemensos untuk cek nama penerima bansos PKH dan BPNT Mei 2023.

Langkah-langkah untuk cek penerima bansos PKH dan BPNT Mei 2023 sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: