Dukungan Terus Mengalir, Dorong Bupati Hapus Dana Pokir DPRD Mukomuko

Dukungan Terus Mengalir, Dorong Bupati Hapus Dana Pokir DPRD Mukomuko

Ketua RT 03 Bandar Ratu, Raswanto--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Dukungan dan harapan kepada Bupati MUKOMUKO untuk menghilangkan dana pokok pikiran (pokir) anggota DPRD MUKOMUKO, terus mengalir. 

Seperti disampaikan Ketua RT 03 Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko, Raswanto pada Senin, 1 Mei 2023. Dia lebih cenderung APBD Kabupaten Mukomuko bersih dari istilah dana pokir.

Menurut Raswanto, dana pokir dewan yang dituangkan dalam APBD Kabupaten Mukomuko selama ini, pada umumnya tidak berlandaskan aspirasi masyarakat. Akan tetapi, lebih mengedepankan nuansa kepentingan pribadi anggota dewan. 

‘’Kita sangat mendorong Bupati Mukomuko menghapus dana pokir dewan di APBD. Boleh kita tengok dan kita cek satu persatu di APBD, pokir-pokir dewan banyak yang tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat,’’ kata Raswanto.

BACA JUGA:Peringatan Hari Buruh, Berikut Sejarahnya

Raswanto menginginkan seorang kepala daerah tidak takut dengan anggota dewan, khususnya dalam proses penyusunan anggaran kegiatan. Setiap anggaran yang tidak sesuai dengan visi misi kepala daerah dan notabenenya tidak bernuansa kepentingan masyarakat, mestinya ditiadakan di APBD Mukomuko. 

‘’Ini yang kita sesalkan, masih banyak kegiatan dan anggaran daerah yang tidak mengundang asas manfaat bagi masyarakat banyak, terutama dari kegiatan dana pokir dewan,’’ kata Raswanto. 

BACA JUGA:Hore, Awal Mei Cair Lagi BLT BPNT Sembako Via Kantor Pos di 83 Daerah, Monggo Cek Disini!

Untuk kegiatan pembangunan di APBD 2024, Raswanto meminta Bupati Mukomuko mempedomani hasil Musrenbang. Mulai dari Musrenbang tingkat desa atau kelurahan, tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten. 

‘’Tak usah pakai pokir-pokiran, cukup mempedomani hasil Musrenbang. Jelas muaranya, dari aspirasi masyarakat,’’ tegasnya. 

Disisi lain, Raswanto juga menyampaikan, persoalan ditemukan pokir dewan tidak sesuai dengan keinginan masyarakat ini pernah disampaikan dalam Musrebang tingkat kecamatan beberapa waktu lalu, yang sempat dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Mukomuko. Ketua DPRD tidak mengelak dengan informasi tersebut. 

BACA JUGA:Desak Bupati Mukomuko Hapus Dana Pokir Dewan di APBD

‘’Harapan kita, kalau dewan ingin menyisipkan dana kegiatan pokirnya, silahkan. Asalkan dibahas dalam Musrenbang bersama masyarakat,’’ ulasnya. 

Aparat Diminta Bedah Dana Pokir Dewan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: