Jangan Lewatkan Amalan Sunnah pada Malam Takbiran Idul Fitri Agar Pahalamu Berlimpah

Jangan Lewatkan Amalan Sunnah pada Malam Takbiran Idul Fitri Agar Pahalamu Berlimpah

Malam takbiran-Ilustrasi-Berbagai sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Malam Takbiran Idul Fitri merupakan momen penyambutan Hari Raya Idul Fitri yang identik dengan kembang api dan alunan takbir dan suara beduk. Malam Takbiran juga dijadikan sebagai momen berakhirnya bulan Ramadhan yang dirayakan dengan suka cita.

Meski perayaan Malam Takbiran identik dengan kembang api dan diiringi dengan gema takbir, agar malam takbiranmu menjadi lebih bermanfaat, terdapat beberapa analan sunnah yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA:Amalan-amalan yang Diajarkan Rasulullah Saat Terjadi Gerhana Matahari

Amalan sunnah ini hanya bisa dilakukan saat malam Takbiran dan memiliki ganjaran pahala yang sangat besar. Maka dari itu, sangat rugi apabila kita tidak melakukan amalan tersebut.

Melansir dari beberapa sumber, berikut adalah amalan sunnah pada malam takbiran Idul Fitri yang memiliki pahala yang sangat berlimpah

1. Mengumandangkan Takbir

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Malam Takbiran identik dengan alunan takbir yang menggema di seluruh penjuru bumi.

Mengunandangkan takbir ternyata termasuk dalam amalan malam takbiran yang memiliki pahala yang cukuo banyak. Amalan mengumandangkan takbir ini sudah dijelaskan dalam Al-Quran.

فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهۡرَ فَلۡيَصُمۡهُۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٖ فَعِدَّةٞ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلۡعُسۡرَ وَلِتُكۡمِلُواْ ٱلۡعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمۡ وَلَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ

” Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. “ Q.S Al-Baqarah ayat 85.

BACA JUGA:Ini Dia Sejarah dari THR yang Jarang Sekali Diketahui Banyak Orang

2. Memperbanyak Ibadah

Amalan lain yang dapat menghasilkan banyak pahala jika dilakukan saat Malam Takbiran adalab memperbanyak ibadah. Menghidupkan malam idul fitiri hendak ya dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan beribadah.

Hal ini berdasarkan pada sabda Rasulullah SAW yang berarti :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: