Bimtek Perpustakaan Pemkab Mukomuko Diikuti 40 Pustakawan Desa dan Kelurahan

Bimtek Perpustakaan Pemkab Mukomuko Diikuti 40 Pustakawan Desa dan Kelurahan

Bimtek Perpustakaan Pemkab Mukomuko Diikuti 40 Pustakawan Desa dan Kelurahan-Istimewa- radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Sebanyak 40 pustakawan desa dan kelurahan di Kabupaten MUKOMUKO mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan peran tenaga perpustakaan dan pustakawan yang digelar di aula Badan Keuangan Daerah (BKD) MUKOMUKO, Senin, 20 Maret 2023.

Kegiatan Bimtek dalam rangka peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mewujudkan tenaga perpustakaan yang profesional tersebut, dilaksanakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko,  dengan menghadirkan Pustakawan Provinsi Bengkulu, Eko Pranoto, S.Sos selaku narasumber. 

‘’Perpustakaan merupakan unit penting, gudang ilmu pengetahuan yang mesti harus dikembangkan. Dengan Bimtek ini, diharapkan dapat meningkatkan tenaga pengelola perpustakaan yang bermutu dan berkualitas, sehingga ke depan Perpustakaan dapat terkelola dengan baik,’’ hal ini disampaikan Staf Ahli Bupati Drs. H. Ansari dalam sambutannya ketika mewakili Bupati Mukomuko pada pembukaan kegiatan tersebut. 

BACA JUGA:Harga 11 Kebutuhan Penting Selama Ramadhan Ini Turun

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas SDM, Pegiat Rabana Diberi Pelatihan

Yang perlu digarisbawahi, bagaimana ke depan perpustakaan di daerah ini dapat dikelola dengan baik dan mampu mengikuti paradigma perkembangan. Lebih lagi di era perkembangan digitalisasi, tentunya harus diikuti dengan melaksanakan peningkatan SDM para pengelola perpustakaan.  

‘’Kita tahu bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kalau kita tidak ambil bagian kita akan ketinggalan. Banyak buku di perpustakaan, kalau pengelolanya tidak bermutu, tentu akan kesulitan. Maka ikuti kegiatan Bimtek ini, ambil ilmunya dan terapkan,’’ pintanya. 

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko, Winarto menyampaikan, bidang kearsipan dan perpustakaan merupakan unsur penting, karena hadir bersamaan dengan OPD lainnya sejak tahun 2004 lalu. Di tahun 2016, Kearsipan dan Perpustakaan ditetapkan menjadi OPD baru. 

Dengan perjalanan panjang ini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan senantiasa selalu melakukan pembinaan dan pembenahan terhadap semua perpustakaan. Baik keberadaan perpustakaan di 151 desa dan kelurahan, perpustakaan sekolah hingga pojok baca di berbagai OPD di lingkungan Pemkab Mukomuko. 

‘’Dari dana yang kami punya, untuk perpustakaan desa dan kelurahan, kategori aktif sebanyak 63 perpustakaan. Mudah-mudahan, melalui pembinaan ini jumlah perpustakaan aktif di daerah terus bertambah,’’ ungkap Winarto. 

BACA JUGA:Medan Jaya Dapat Program Internet Gratis dari Pemerintah, Apa saja Manfaatnya?

BACA JUGA:Syukuran Sambut Bulan Ramadhan, Warga Lubuk Gedang Laksanakan di Kantor Desa

Di samping itu, kata Winarto, di perpustakaan Kabupaten Mukomuko telah tersedia sekitar 93.000 judul buku yang terdiri dari 23.000 eksemplar. 

Dalam mengelola perpustakaan, juga dipandang perlu peningkatan SDM pengelola. Sebab, dalam pengembangan perpustakaan ini, tantangan utamanya berhadapan dengan perkembangan elektronik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: