Tingkatkan Kualitas SDM, Pegiat Rabana Diberi Pelatihan

Tingkatkan Kualitas SDM, Pegiat Rabana Diberi Pelatihan

Pelatuhan Rabana Desa Gading Jaya--

SUNGAI RUMBAI, RADARMUKOMUKO.COM – Untuk meningkat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan keterampilan, group rabana Desa Gading Jaya Kecamatan Sungai Rumbai diberi pelatihan khusus. Dalam pelatihan itu Pemdes Gading Jaya menghadirkan dua orang narasumber yang lebih berkompeten. Yaitu, Ustadz Aceng Umar Sulaeman dari Kecamatan Lubuk Pinang dan Ibu Nurliana dari Kecamatan Sungai Rumbai. pelatihan tersebut dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota group rabana. Selama ini group rabana Desa Gading Jaya ini sudah bagus. Namun perlu untuk ditingkatkan sehingga lebih baik lagi.

Kepala Desa (Kades) Gading Jaya, Azwardi, H mengatakan, kegiatan peningkatan kualitas dan keterampilan pegiat rabana ini , sesuai dengan perencanaan kegiatan yang sudah ditetapkan dalam berkas Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2023. Dimana tahun ini mereka tidak hanya fokus kegiatan pembangunan fisik saja. Tapi, mereka juga melaksanakan kegiatan pelatihan, dalam rangka untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Desa Gading Jaya.

"Bangunan fisik yang jadi prioritas desa, dan kegiatan prioritas nasional tetap kita realisasikan. Di samping itu kita juga memprioritaskan pembangunan SDM," kata Azwardi.

 BACA JUGA:Ternyata Planet Neptunus Baru Satu Kali Mengelilingi Matahari

Selain memberikan pelatihan untuk group rabana. Sebelumnya mereka juga sudah memberikan pelatihan khusus untuk kelompok kesenian Berarak dan Dikir, serta pelatihan menyulam bagi ibu-ibu yang sudah memiliki kemampuan menyulam, maupun bagi yang belum memiliki kemampuan menyulam. Mereka dari Pemdes berupaya menggali semua potensi yang dimiliki masyarakat Desa Gading Jaya.

"Tahun ini kita memang banyak kegiatan pelatihan. Semua kegiatan pelatihan ini tujuannya mengembangkan potensi dan peningkatan SDM yang ada di desa ini," jelasnya.

BACA JUGA:Tuntaskan DD, Marga Mukti Bangun Rabat Beton

Menurutnya, di wilayah Des Gading Jaya ini tidak ada potensi wisata yang bisa dikembangkan. Karena itu ketrampilan dan potensi Sumber Daya Manusia yang dimiliki masyarakat Gading Jaya ini dikembangkan. Dengan harapan, kedepan kesenian dan ketrampilan yang dimiliki Desa Gading Jaya ini bisa membawa perubahan untuk warga sendiri maupun untuk desa sendiri.

"Ditahap I ini ada tiga jenis kegiatan pelatihan yang sudah kita laksanakan. Semuanya pemberdayaan masyarakat," tutupnya.*

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: