Aparat Diminta Sediakan Timbangan Portabel Awasi Truk ODOL di Mukomuko

Aparat Diminta Sediakan Timbangan Portabel Awasi Truk ODOL di Mukomuko

Aparat Diminta Sediakan Timbangan Portabel Awasi Truk ODOL di Mukomuko-Ibnu Rusdi- radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Aparatur pemerintah diminta menyediakan timbangan portabel untuk peningkatan pengawasan truk Over Dimension Over Load (ODOL) di wilayah Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu.   

Pasalnya, Kabupaten Mukomuko bagian dari daerah operasional truk angkutan barang berkapasitas besar dengan bentang jarak perlintasan yang cukup panjang. Mukomuko – Bengkulu, Mukomuko – Padang, Sumatera Barat. 

BACA JUGA:Mobnas Wakil Bupati Mukomuko Alami Kecelakaan

Hal ini diungkapkan Dewan Penasehat Kelompok Masyarakat Peduli Alam Sekitar (Kompast) Kabupaten Mukomuko, Musfar Rusli pada Minggu, 12 Maret 2023. 

Simpel saja, kata Musfar, alasan kepatutan penyediaan timbangan portabel, karena daerah ini bagian dari wilayah operasional kendaraan truk berkapasitas besar, terutama kendaraan truk CPO.

‘’Saya mengatakan, Mukomuko sangat membutuhkan timbangan portabel. Mukomuko bagian dari daerah perlintasan kendaraan angkutan barang yang berkapasitas besar,’’ kata Musfar.   

BACA JUGA:Pokir Dewan Puluhan Miliar, Belum Sentuh Persoalan Penanganan Sampah

Di samping itu, Musfar berharap pemerintah dan aparat kepolisian serius dalam menjalankan komitmen, menertibkan kendaraan truk Over Dimension Over Load (ODOL) di sejumlah daerah yang telah dicanangkan sejak tahun 2021. 

Truk ODOL diduga menjadi faktor utama kerusakan jalan dan jembatan. Bahkan, kata Musfar, operasional truk ODOL juga kerap menyebabkan timbulkan kecelakaan lalu lintas. 

‘’Truk ODOL dapat mengakibatkan kerusakan jalan, karena kelebihan tonase. Bahkan juga sangat sering terjadi, kecelakaan melibatkan truk ODOL,’’ demikian Musfar. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: