Puskesmas Bukit Mulya Butuh Peningkatan Air Bersih

Puskesmas Bukit Mulya Butuh Peningkatan Air Bersih

Puskesmas Bukit Mulya-SAHAD ABDULLAH-radarmukomuko.com

PENARIK, RADARMUKOMUKO.COM - Pembuatan sumur bor dan cor jalan masuk. Dua usulan dari Puskesmas Bukit Mulya. Puskesmas yang beralamat di Desa Mekar Mulya, Kecamatan Penarik ini, butuh peningkatan air bersih dan jalan masuk.

Pasalnya, selama ini masyarakat hanya mengandalkan air darin sumur galian. Sementara mata air yang bisa mengeluar air bersih berjarak kurang lebih sekitar 50 meter dari lokasi Puskesmas Bukit Mulya. Hal tersebut membuat banyaknya selang untuk menyambung air. Ditambah selang penyambung air kerap putus.

BACA JUGA:Peduli Pengobatan Warga Tidak Mampu, Anggota Polisi dan Kades Lakukan Ini !

Kebutuhan tersebut, telah disampaikan kepada pemerintah daerah. Dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) 2023. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Bukit Mulya, Oyon Kanedi, SKM mengatakan, saat ini Puskesmas mengandalkan sumur galian. Jarak sumur dengan gedung cukup jauh. Lebih dari 50 meter, sehingga sering menyebabkan selang air kerap putus. Putusnya selang juga sering terjadi akibat tertimpa pelepah sawit. Hal yang demikian, membuat pegawai kurang nyaman. Jika dibuat sumur, titiknya di sekitar gedung Puskesmas. 

"Kadang air habis, selang putus. Repot kita memperbaiki. Bukan 4 atau 5 kali kejadian seperti ini, tapi sering kali," ungkap Oyon seusai mengikuti Musrenbangcam, Senin 13 Februari 20023. 

Usulan kedua, cor jalan di pintu gerbang. Tujuannya agar pasien dan keluarga, lebih nyaman saat keluar masuk area Puskesmas. Hal tersebut, bagian dari peningkatan pelayanan. 

BACA JUGA:Pegawai dan Karyawan jadi Incaran Pertama Dukcapil Mukomuko, Giat Layanan IKD

"Kami dalam proses usulan menjadi Puskesmas rawat inap. Jika itu terlaksana, dua usulan itu, menjadi sarana pendukung penting," ungkap Oyon. 

Puskesmas Bukit Mulya, membawahi 7 desa dari 3 kecamatan. Satu desa dari Kecamatan Teramang Jaya, yakin Desa Bandar Jaya. Satu desa dari Kecamatan Air Dikit, Sari Makmur. Dan 5 desa dari Kecamatan Penarik. Bumi Mulya, Mekar Mulya, Sidodadi, Marga Mukti dan Wonosobo.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: