Inginkan Pembangunan Kades Tetap Antusias Ikut Musrenbangcam, Cek Apa Saja Usulannya

Inginkan Pembangunan Kades Tetap Antusias Ikut Musrenbangcam, Cek Apa Saja Usulannya

SUASANA MUSRENBANCAM DI AULA KANTOR CAMAT PENARIK, SENIN (13/2)-Sahad Abdullah-radarmukomuko.com

PENARIK, RADARMUKOMUKO.COM - Dua belas, dari empat belas Kades di Kecamatan Penarik, hadir dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan(Musrenbangcam). 

Senin 13 Februari 2023, bertempat di aula kantor camat. Dua Kades yang tidak hadir, Sutarto, Kades Suka Maju (Sedang umrah), dan Parijan, Kades Sidodadi (Sedang di luar daerah). 

Kedua desa tetap mengirim delegasi untuk menyampaikan usulan pembangunan. Sesuai dengan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan desa (Musrenbangdes). 

BACA JUGA:Ini yang Pertama, Lubuk Sanai Raih Penghargaan Desa Integritas dari Kanwil DJPB Provinsi Bengkulu

Mereka tetap antusias mengikuti Musrenbangcam.  Karena menginginkan pembangunan di desa mereka. Meskipun tidak ada jaminan, apa yang diusulkan, akan dikabulkan oleh pemerintah. 

Kades Marga Mukti, Marwanto, mengatakan, salah satu usulan dalam Musrenbangcam kali ini, adalah peningkatan jalan desa. Jalan penghubung antara Marga Mukti dengan Wonosobo, sebagian masih koral. Jalur ini merupakan jalan pintas dari Wonosobo menuju Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera. Juga akses pendidikan menuju Pondok Pesantren (Ponpes) Miftachul Ulum.  

"Mengajukan usulan pembangunan melalui Musrenbangcam, bagian dari prosedur. Kita ikuti. Nanti kita susul dengan proposal," jelas Marwanto. 

Hal senada disampaikan oleh Kades Sendang Mulyo, Noor Ali. Kades tiga periode ini mengatakan, pembangunan jalan, merupakan kebutuhan utama warga Sendang Mulyo. Selaku Kades, ia mengaku telinganya sudah pantas mendengar keluhan warga (tentang kondisi jalan). Namun demikian, Noor Ali, mengaku tidak menyalahkan warga. Pasalnya jalan yang dikeluhkan warga benar-benar buruk. Terutama saat hujan. 

BACA JUGA:Mantapkan Sinergitas, Panitia HUT Mukomuko Gelar Lomba Mancing Forkopimda

"Yang bisa kita lakukan (Mengatasi jalan buruk, red) mengajukan usulan pembangunan, kepada pemerintah. Salah satunya melalui Musrenbangcam ini," papar Noor Ali. 

Kades Maju Makmur, Heris Triyanto, memiliki beberapa alasan untuk hadir dalam Musrenbangcam ini. Pertama, menyampaikan aspirasi masyarakat yang tertuang dalam Musrenbangdes. Alasan lain, ingin dialog langsung dengan pejabat terkait. Menyampaikan keluhan masyarakat terkait pembangunan di Maju Makmur, khususnya, dan Kecamatan Penarik pada umumnya. 

"Dalam Musrenbangcam hadir pejabat terkait, juga anggota dewan. Inilah kesempatan untuk menyampaikan unek-unek masyarakat," papar Heris. 

Kasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Kecamatan Penarik, Wagimin, S.Sos.I menjelaskan, tahun 2024 mendatang, ada perubahan dalam sistem pembangunan. Setiap item yang akan dibangun, harus sudah terdaftar dalam rencana pembangunan.

BACA JUGA:Wajib Diketahui, Ini Do’a Nabi Musa untuk Mendapatkan Jodoh Cocok Bagi Para Pemuda dan Lajang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: