Pengoralan dan Rabat Beton Prioritas Gading Jaya 2023

Pengoralan dan Rabat Beton Prioritas Gading Jaya 2023

Kades Gading Jaya, Azwardi, H--

SUNGAI RUMBAI, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Gading Jaya Kecamatan Sungai Rumbai, tahun ini tetapkan 3 item prioritas pembangunan fisik.

Kegiatan yang menjadi prioritas desa itu, sesuai dengan usulan dari masyarakat, dan hasil kesepakatan dalam musyawarah bersama BPD dan tokoh masyarakat.

Adapun kegiatan pembangunan fisik yang ditetapkan jadi prioritas yaitu, pembukaan badan Jalan Baru, (pengoralan) Jalan 2 titik, dan peningkatan Jalan (rabat beton) 1 titik.

Rencana pembangunan fisik itu sudah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2023. 

Kepala Desa (Kades) Gading Jaya, Azwardi, H mengatakan, perencanaan pembangunan yang sudah ditetapkan dalam APBDes ini, bukan ditentukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes).

Namun, berawal dari diusulan masyarakat. Selanjutnya usulan itu dibahas dalam Musyawarah bersama BPD dan tokoh masyarakat.

"Terkait dengan volume bangunan itu, nanti kita sesuaikan dengan besaran anggaran. Kalau tidak ada pengalihan anggaran dan lain sebagainya, maka perencanaan bangunan itu bisa kita realisasikan semaksimal mungkin. Dan sesuai dengan harapan" kata Azwardi.

BACA JUGA:Dua Oknum ASN Mukomuko Bakal Diperiksa

BACA JUGA:Ratusan Pelajar di Mukomuko Studi Lapangan Pengenalan Budaya Tertib Lalu Lintas

Lanjutnya, selain bangunan fisik. Pihaknya tetap mengikuti aturan yang menjadi skala prioritas penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2023.

Seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ekstrim, pencegahan stunting, kegiatan ketahanan pangan, dan beberapa kegiatan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat lainnya.

"Program prioritas nasional tetap kita realisasikan dan menjadi prioritas utama kita. Di samping itu, kegiatan yang menjadi prioritas desa juga direalisasikan, dan sesuai dengan kewenangan desa," ucapnya.

Ditambahkan, semua kegiatan yang sudah direncanakan ini. Pihaknya berharap bisa direalisasikan sesuai dengan perencanaan.

Mereka menargetkan semua kegiatan fisik ini bisa direalisasikan lebih awal. Karena itu, saat ini mereka sudah menyampaikan pengajuan pencairan DD tahap I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: