Paguyuban Baraya Sunda Mukomuko Gelar Pertemuan, Lili Gunawan: Pererat Silaturahmi

Paguyuban Baraya Sunda Mukomuko Gelar Pertemuan, Lili Gunawan: Pererat Silaturahmi

Paguyuban Baraya Sunda Mukomuko Gelar Pertemuan, Lili Gunawan: Pererat Silaturahmi-Ibnu Rusdi- radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COMPaguyuban Baraya Sunda MUKOMUKO, Bengkulu, gelar wilujeng tepang. Pertemuan kekeluargaan di Pantai Pandan Wangi, Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan MUKOMUKO, Minggu, 5 Februari 2023, sore.

Pertemuan untuk mempererat silaturahmi keluarga besar warga asal Jawa Barat dengan mengusung tema ‘’dina raraga patepang patepung lawung ngabeungkeut silaturahmi, ngaraketkuen duduluran urang sunda sadayana nuaya di Kabupaten Mukomuko’’ tersebut, dihadiri ratusan orang. Perwakilan warga Sunda dari 15 kecamatan di Kabupaten Mukomuko. 

Tampak hadir, perwakilan sesepuh Baraya Sunda Mukomuko, Abah Yahya Kosago. Dari kalangan muda, juga dihadiri Nirwan, Ida dan beserta suaminya, Basyarudin serta lainnya. Turut hadir, Kepala Bandara Mukomuko, Ade Yuliana yang juga merupakan warga asal Jawa Barat. 

BACA JUGA:Jangan Asal Sebar Berita Penculikan Anak, Bisa Masuk Penjara

BACA JUGA:Dewan Mukomuko Tantang Pejabat Berwenang, Berhentikan PNS Langgar PP 94 Tahun 2021

Dalam kegiatan silaturahmi ini, juga diisi dengan tausiah agama yang disampaikan oleh utadz Ansori yang juga merupakan warga Sunda di Kabupaten Mukomuko, beserta pembentukan pengurus kecamatan Baraya Sunda Mukomuko. 

Ketua Paguyuban Baraya Sunda Mukomuko, Lili Gunawan menyampaikan, pertemuan ini dalam rangka meningkatkan silaturahmi warga Sunda se Jawa Barat yang ada di Kabupaten Mukomuko. Tujuan silaturahmi ini, juga bagian untuk saling kenal mengenal antara kami warga Sunda yang tinggal dan menetap di tanah Kapuang Sati Ratau Batuah ini. 

‘’Paguyuban Baraya Sunda ini kami bentuk, untuk mempersatukan warga Sunda yang ada di Kabupaten Mukomuko. Mempererat silaturahmi, mempererat persaudaraan dan kedepannya bisa saling tolong menolong,’’ ungkap Lili Gunawan. 

Pria asal Sumedang, Jawa Barat ini juga menyampaikan, warga Sunda di Kabupaten Mukomuko dari tahun ke tahun terus bertambah. Awal mulanya hanya beberapa ribu saja, saat ini telah tercatat sekitar 15 ribu jiwa. 

BACA JUGA:Peringatan 1 Abad NU, Pawai Kebangsaan dan Potong 100 Tumpeng

BACA JUGA:Tiga Rangkaian HUT Ini Belum ada Sebelumnya

Keberadaan mereka, tersebar di 15 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Mukomuko. Namun demikian, kata Lili, masih banyak yang belum saling kenal mengenal. Untuk merekat tali persaudaraan, pada tanggal 15 Januari 2023 lalu, beberapa tokoh Sunda di daerah ini membuat gagasan, membuat sebuah paguyuban yang dinamakan dengan Baraya Sunda.  

‘’Dengan adanya paguyuban Baraya Sunda ini, menjadi jembatan hati bagi kami ke depan untuk mempererat silaturahmi dan saling tolong menolong. Untuk sementara ini, yang sudah tergabung di group WA sudah mencapai 200 orang lebih. Kedepan akan diperluas lagi, harapan kami semua warga Sunda di Kabupaten Mukomuko dapat tergabung dalam perkumpulan kekeluargaan ini,’’ pintanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: