APBDes Tahap I, Desa Lalang Luas Fokus Program Nasional

APBDes Tahap I, Desa Lalang Luas Fokus Program Nasional

Kantor Desa Lalang Luas-- radarmukomuko.com

V KOTO, RADARMUKOMUKO.COM – Pada tahun 2023 ini, Desa Lalang Luas Kecamatan V Koto memiliki berbagai program kegiatan, baik fisik maupun non fisik. Program Desa ini merupakan hasil Musyawarah Desa (Musdes) yang dilakukan pada tanggal 14 januari 2023 di kantor Desa Resno. Untuk tahap awal realisasi fokus pada program nasional.

Seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ekstrim, merealisasikan kegiatan ketahanan pangan dan melaksakanakan kegiatan pencegahan dan penanganan stunting. Kemudian kegiatan pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA:45 Pejabat Mukomuko Tandatangani Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas, Ini Pesan Bupati


Kades Lalang Luas, Aman Zikri --

Kades Lalang Luas, Aman Zikri mengatakan, sesuai dengan hasil musyawarah desa beberapa waktu yang lalu. Rencana untuk tahap awal ini kita akan fokus pada program tersebut dan di sesuaikan dengan anggaran.

“Di awal tahun ini kita akan fokus dulu dengan program nasional, nanti juga akan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran,’’ kata kades.

Ditambah kades, untuk penerima penyaluran BLT-DD ekstrim di Lalang Luas pada tahun 2023 ada penambahan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2022 data penerima sebebanyak 23 Kepala Keluarga (KK), sedangkan pada tahun 2023 bertambah menjadi 32 Kepala Keluarga (KK). Penerima meliputi Lansia dan penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Perlengkapan Kerja Perizinan Rusak, DPMPPTK Tuding PLN ‘Biang Kerok’

“Setiap program di tahun 2023 ini sudah kita persiapkan, acuanya sesuai dengan barometer penggunaan Dana Desa yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Kita sekarang hanya tinggal menunggu pencairan saja supaya kita bisa cepat bergerak,” kata Aman Zikri, Kades Lalang Luas.

BACA JUGA:Isu Penculikan Anak Mengerikan, Spesialis yang Satu Ini Sasar Kepunyaan Mak-Mak, Ketua RT Minta Waspada

Tambahnya lagi jika nanti APBDes pencairan tahap I menyucukupi, masih banyak program akan dijalankan seperti program pengelolaan jalan Usaha Tani, dikarenakan Lalang Luas ini wilayahnya cukup luas.

“Banyak yang ingin kita lekukan, tapi semua disesuaikan dengan ketersediaan dana,” tutup Aman Zikri."

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: