Anggaran Dicoret, Tahun Ini Tidak Ada Lomba Desa

Anggaran Dicoret, Tahun Ini Tidak Ada Lomba Desa

Kantor Bupati Mukomuko--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Lomba desa se-Kabupaten MUKOMUKO, sempat vakum sejak 2021, dikarenakan kondisi pandemi Covid-19.

Tahun 2023 ini, walau sudah bebas dari pembatasan dampak pandemi, namun lomba desa dipastikan juga tidak akan dilaksanakan.

Alasannya karena anggaran yang diajukan untuk kegiatan lomba desa dicoret atau tidak muncul di APBD 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Mukomuko, Haryanto,S.Km mengatakan seharusnya lomba desa dilaksanakan setiap tahun.

Sebab lomba desa ini berjenjang, mulai dati tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Tapi karena tidak ada anggaran yang tersedia, maka Mukomuko dipastikan tahun ini tidak mengadakan lomba desa.

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Usulkan Penerimaan PPPK Tahun 2023, Formasi Ini Skala Prioritas

BACA JUGA:Hujan Badai, Listrik Padam, Jalinbar Kuburan Bunga Tanjung Terputus, Penyebabnya Ngeri

‘’Kita sempat ajukan, sebenarnya tidak banyak, hanya Rp 100 juta, tapi tidak dikabulkan. Maka karena tidak ada dana, lomba desa tidak bisa diselenggarakan,’’ kata Haryanto.

Terkait hal ini, Haryanto mengaku bingung untuk bisa mengirim desa peserta lomba tingkat provinsi. Jika tidak mengirim perwakilannya, pasti dipertanyakan oleh pemerintah provinsi.

Jika memang memungkinkan nanti, pihaknya tetap mengirim desa perwakilan dengan mengambil satu desa yang dinilai siap.  

‘’Kalau kita wajib mengirim perwakilan, maka nanti kita pilih-pilih saja, mana desa yang diperkirakan siap untuk ikut lomba ke provinsi,’’ tuturnya.

Diketahui, tahun-tahun sebelumnya Mukomuko termasuk diperhitungkan dalam lomba desa.

Sudah beberapa kali desa perwakilan Kabupaten Mukomuko menjadi pemenang di tingkat provinsi dan mewakili Bengkulu ke tingkat nasional.

Bahkan baru-baru Desa Banjar Sari Kecamatan Sungai Rumbai meraih juara I, BUMDes terbaik desa maju mandiri tingkat Provinsi. Kemudian Mukomuko juga predikat dua desa kategori lomba TTG unggulan tingkat provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: