Pegawai Puskesmas yang Bersedia Pindah ke Rumah Sakit Pratama, Ayo

Pegawai Puskesmas yang Bersedia Pindah ke Rumah Sakit Pratama, Ayo

Puskesmas Ipuh jadi pelayanan kesehatan masyarakat di sekitar, masyarakat berharap pembangunan RS Pratama segera dibangun-IST-radarmukomuko.com

RADARMUKOMUKO.COM – Rumah sakit pratama Ipuh, Kabupaten Mukomuko akan dibangun tahun ini. Maka diperkirakan pada 2024, Rumah sakit baru ini sudah mulai beroperasi. Guna memenuhi kebutuhan pegawainya, pemerintah daerah belum berencana merekrut tenaga baru. Tahap awal akan ditawari kepada pegawai puskesmas di 15 kecamatan yang ingin pindah menjadi pegawai Rumah sakit.

Kepala Dinkes Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM mengatakan, perekrutan pegawai diperlukan untuk mendukung operasional RS Pratama, yang berlokasi di Desa Air Bulu Kecamatan Ipuh. Dan akan dibuka peluang, bagi ASN yang bertugas di seluruh Puskesmas se-Kabupaten Mukomuko.

BACA JUGA:Transformasi dan Inovasi Jadi Kunci BNI Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah

BACA JUGA:Kotak Amal Masjid Darussalam Kembali Diembat Maling, Terekam CCTV, Isi Kotak Bikin Pelaku Lesu

‘’Kita akan tawarkan dulu ke pegawai di 17 Puskesmas. Bagi yang mau pindah, bertugas di RS Pratama,’’ ucap Bustam.

Meski demikian, bukan berarti yang mengajukan pindah ke RS Pratama langsung dikabulkan. Jika lebih banyak dari yang dibutuhkan, akan dilaksanakan seleksi. Jika nantinya kekurangan, akan memberdayakan ASN yang ada di Puskesmas Ipuh dan Puskesmas Air Rami.

‘’Apakah dikabulkan semuanya, belum tentu. Disesuaikan dengan kebutuhan kita dan akan kita seleksi,’’ kata Bustam.

 Ia menambahkan, RS Pratama berbeda dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko yang statusnya OPD. Sebab RS Pratama nantinya berada di bawah naungan Dinkes Mukomuko. Pimpinan RS Pratama pun nantinya dijabat eselon IV.

BACA JUGA:Mantan Inspektur Inspektorat Menjajaki Dunia Politik

BACA JUGA:Dukung Predikat UHC, Setiap Desa Anggarkan Rp 10 Juta Untuk Jamkes

‘’Rumah sakit pratama tidak di bawah rumah sakit umum Mukomuko. Tetap di bawah Dinkes Mukomuko,’’ sebutnya.

Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan lelang perencanaan dan fisik RS Pratama. Termasuk akan dilaksanakan pengadaan alat kesehatan dan sarana serta prasarana untuk RS Pratama.

‘’Kalau RS Pratama sudah aktif, otomatis status Puskesmas buka layanan 24 jam, seperti Puskesmas Ipuh, secara perlahan akan diturunkan. Sehingga operasionalnya nanti seperti Puskesmas yang ada di Kota Mukomuko. Karena sudah ada RS Pratama, yang lokasinya memang cukup dekat dan masih dalam satu kecamatan,’’ demikian Bustam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: