Mulai Februari, Diterapkan Aturan Baru Beli BBM Subsidi

Mulai Februari, Diterapkan Aturan Baru Beli BBM Subsidi

Mukomuko Kekurangan BBM, di SPBU Ini Sering Kosong--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Mulai bulan depan, pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) akan dibatasi. Pemerintah melalui Pertamina menerapkan kebijakan baru untuk pembelian BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar. Kebijakan baru beli BBM Pertalite dan solar bagi mobil pribadi dilakukan pembatasan yakni mulai pakai QR Code bagi konsumen melebihi 20 liter per hari.

Dalam pelaksanaan beli BBM Pertaline dan Solar pakai QR Code ini, Pertamina membuka pendaftaran atau registrer kendaraannya secara offline dan online. Cara beli BBM subsidi jenis Pertalite dan solar pakai QR Code telah diinformasikan akun Facebook resmi MyPertamina.

Di mana, nantinya setelah terdaftar, konsumen dapat beli BBM di atas 20 liter per hari dengan menyiapkan bukti print out QR Code kendaraan yang sudah terdaftar tersebut.

BACA JUGA:Pelabuhan CPO Diyakini Bangkitkan Gairah Ekonomi

Adapun cara lengkapnya yaitu sesampai di SPBU, QR Code atau kode QR mobil pribadi yang sudah terdaftar pada laman subsiditepat.mypertamina.id diprint untuk ditunjukkan ke operator di SPBU. Operator di SPBU kemudian menscan print QR Code untuk dilakukan verifikasi. Setelah verifikasi berhasil, petugas di SPBU melakukan pengisian BBM seperti biasa kepada kendaraan yang terdaftar.

Adapun bagi Konsumen yang ingin mendaftarkan kendaraannya sebagai penerima BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar masih dilayani, karena cara beli BBM pakai QR Code sesuai kebijakan baru tersebut berlaku per 6 Februari 2023.

‘’Pendaftaran ini bisa dilakukan secara online melalui website yang bisa dibuka dari HP/Komputer, maupun pendaftaran secara offline dengan mendatangi booth pendaftaran di area-area yang sudah ditentukan,’’ tulis Pertamina.

BACA JUGA:Membangun Harus Urus PBG dan SBKBG

Selain melalui website subsiditepat.mypertamina.id secara langsung, pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina. Sedangkan untuk mempermudah pendaftaran bagi masyarakat yang tidak memiliki handphone atau koneksi internet, booth pendaftaran juga telah disediakan di SPBU Pertamina. Di booth pendaftaran yang tersedia di SPBU Pertamina, petugas membantu pendaftaran secara langsung.

Kebijakan Pertamina membatasi mobil pribadi tertentu mengonsumsi BBM Pertalite dan Solar tersebut berlaku pada 6 Februari 2023.

Kebijakan tersebut sehubung dengan program "Subsidi Tepat", di mana penyaluran Pertalite dan Solar harus tepat sasaran seiring terbatasnya kuota BBM Subsidi tahun 2023. Sebagai informasi, harga BBM Subsidi jenis Pertalite hingga sejauh ini masih dijual di angka Rp 10.000 per liter. Sedang Bio Solar dijual Rp 6.800 per liter.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: