Kenapa Masuk Jalan Tol Harus Bayar? dan Apa Bedanya Jalan Tol dengan Jalan Biasa?

Kenapa Masuk Jalan Tol Harus Bayar? dan Apa Bedanya Jalan Tol dengan Jalan Biasa?

Jalan Tol Bengkulu sudah resmi dibuka oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada akhir Desember 2022 lalu--rakyatbenteng.com

RADARMUKOMUKO.COM - Kenapa ya setiap kali kita mau masuk ke jalan tol kita harus membayar? Padahal jalan tol kan sama saja seperti jalan biasa?

Hayo, siapa yang pernah mempertanyakan hal tersebut? Tak sedikit orang tau akan alasan kenapa ketika orang masuk jalan tol harus membayar sejumlah uang.

Apalagi disaat pembangunan tol Sumatera yang menuai beberapa kontra terhadap masyarakat yang mengeluhkan biaya tol yang cukup mahal.

BACA JUGA:Dibatasi, Ini Caranya Tambah Kuota BBM Subsidi 20 Liter Menjadi 60 Liter Perhari

Lalu kenapa ya kira-kira kita harus membayar uang tol? Apakah pemerintah sedang melakukan bisnis dengan rakyatnya? Bukannya itu dilarang?

Eits, sebelum kamu mulai berspekulasi yang tidak-tidak sebaiknya simak yuk alasan mengapa kita harus membayar saat memasuki jalan tol.

Jalan tol adalah jalan umum atau tertutup di mana para penggunanya dikenakan biaya untuk melintasinya sesuai tarif yang berlaku. 

Jalan ini merupakan suatu bentuk pemberian tarif pada jalan yang umumnya diterapkan untuk menutupi biaya pembangunan dan perawatan jalan. 

Alasan mengapa jalan tol itu berbayar adalah investasi yang mahal. Perlu pembebasan lahan yang tidak murah, dan biaya konstruksinya pun mahal. 

BACA JUGA:Tingkatkan Produksi Padi yang Hemat Biaya 20%

Jalan tol sifatnya bebas hambatan, sehingga seseorang bisa lebih cepat mencapai tujuan. Berbeda dengan jalan biasa yang dibuat tanpa adanya pembebasan lahan yang cukup signifikan.

Lalu, jalan tol itu milik siapa? 

Pembuatan jalan tol sendiri biasanya merupakan bentuk kerjasama pemerintah dengan para investor. Namun, di beberapa negara ada juga perusahaan swasta yang menbangun tol mereka sendiri.

BACA JUGA:Bensin Sawit Lebih Baik dari Pertamax Turbo, Ini Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: