Kulit Buah Bisa Atasi Stroke, Simak Penjelasannya!

Kulit Buah Bisa Atasi Stroke, Simak Penjelasannya!

Kulit Buah Bisa Atasi Stroke, Simak Penjelasannya! -Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Faktor utama pemicu stroke adalah Hipertensi akibat kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Menurut Hanura terdapat 2 jenis stroke, yakni iskemik dan hemorragik. stroke iskemik terjadi lantaran aliran darah ke otak berhenti karena ateorosklerosis-penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah atau pembekuan darah yang menyumbat darah masuk ke otak. Sedangkan stroke hemorragik, pembuluh darah pecah sehingga menghambat aliran darah. Akibatnya darah merembes ke suatu daerah di otak dan merusaknya.

Gejala lain adalah tangan, kaki, dan wajah kebas. Ketika gejala itu muncul, segera bawa pasien ke dokter, terutama bagi penderita hipertensi. Musababnya, bila tidak ditangani lebih dari 3 jam, gangguan aliran darah ke otak dapat berujung pada kematian.

BACA JUGA:Kadis Kesehatan: Tahun Ini Puskesmas Selagan Raya Rawat Inap

Saat ini untuk memperoleh buah gaharu relatif mudah. Sebab, dalam 5 tahun terakhir gairah masyarakat mengebunkan pohon penghasil gubal nan harum itu sangat tinggi. Oleh karena itu di berbagai daerah tumbuh produksi sebuah pohon mencapai puluhan kg buah per tahun.

Pohon berbuah sepanjang tahun. Asrul memanfaatkan buah gaharu Aquilaria sinensis itu setelah menjemur selama sepekan agar kadar air turun dan tersisa kira-kira 14%. menyeduh kulit buah gaharu kering dalam segelas air panas dan membiarkan selama 1-2 jam.

Setelah itu barulah meminum sekali sehari. hanya sekali menyeduh buah gaharu. Untuk seduhan berikutnya ia menggunakan buah baru. Penderita stroke  mulai merasakan khasiat buah yang selama ini banyak terbuang setelah sebulan rutin mengonsumsi. Tubuh terasa bugar. Selama dua bulan baru akan tampak khasiat buah ini. 

BACA JUGA:Jalan Dibangun, Warga Maju Makmur: Terima Kasih Pemda

Manfaat kulit buah gaharu. Bagi yang mengidap hipertensi kronis selama 5 tahun.  Normalnya  tekanan darah 120/80 mm Hg.  Seduhan dan gaharu mengandung Baharu agarospirol yang mampu menekan sistem efek saraf pusat sehingga memberikan etek menenangkan.  Selain itu, Juga menghilangkan mabuk perjalanan.

Sedangkan hasil pembakaran kulit kayu gaharu sebagai obat anti nyamuk. Akar, Batang, Daun, Dan ranting gaharu memiliki kandungan bioaktif yang nyaris sama.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: