Tangani Penyakit Ternak, Distan Butuh Penambahan Puskeswan

Tangani Penyakit Ternak, Distan Butuh Penambahan Puskeswan

Vaksin: Tim Puskeswan memberikan vaksinasi kepada ternak-IST/RM-

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Agar maksimal dalam menangani permasalahan terhadap penyakit ternak, terutama penyakit ternak yang menular di Kabupaten MUKOMUKO.

Diperlunya penambahan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di setiap wilayah atau kecamatan.

Seperti yang disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, drh. Diana Nurwahyuni. Hingga saat ini Kabupaten Mukomuko baru memiliki tiga Puskeswan yang tersebar di Kecamatan Air Manjuto, Penarik dan Ipuh. Ketiga Puskeswan tersebut harus merangkap menangani permsalahan hewan di beberapa kecamatan.

BACA JUGA:Mulut Kering Bisa Jadi Ada Tanda Ini Dari Tubuhmu

‘’Kita baru memiliki Pukseswan, sedangkan populasi gewan ternak di daerah ini cukup tinggi. Jadi ini salah satu hambatan bagi kita dalam penanganan penyakir ternak yang kita atasi akhir-akhir ini,’’ ujar Diana.

Padahal Distan Mukomuko sejak tahun 2021 sampai 2022 telah mengusulkan penambahan Puskeswan untuk 15 kecamatan kepada Kementerian Pertanian. Karena pembangunan Puskeswan ini ada di pemerintah pusat. Dimana pihaknya telah mengusulkan pembangunan Puskeswan baru untuk dua kecamatan.

Sesuai rencana yaitu di Kecamatan Pondok Suguh dan Lubuk Pinang. Dipilihnya dua kecamatan tersebut karena banyak hewan ternak dan memiliki pasar hewan ternak.

 BACA JUGA:Pemerintah Pusat Segera re-Akreditasi Puskesmas, Ini Ancamannya

‘’Dengan adanya penambahan dua Puskeswan itu nanti, setiap Puskeswan bisa menangani permasalahan ternak di tiga kecamatan. Kalau idealnya setiap kecamatan dari 15 kecamatan di daerah ini memiliki satu puskeswan,’’ tutup Diana.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: