Waw, Mukomuko Diserang Tuyul?

Waw, Mukomuko Diserang Tuyul?

Ilustrasi-net-radarmukomuko.com

Ini Dia Tips Hadapi Tuyul

MUKOMUKO, RADAR MUKOMUKO.COM - Dewasa ini masyarakat Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, diresahkan oleh dugaan hadirnya oknum yang memelihara tuyul. Dugaan masyarakat ini berdasarkan seringnya uang milik masyarakat hilang secara tiba-tiba. Kejadian yang mengherankan ini kerap terjadi di lokasi pekan mingguan di daerah Kabupaten Mukomuko. Untuk diketahui, pekan mingguan di Kabupaten Mukomuko digelar seminggu sekali di kecamatan yang berbeda. Di lokasi pasar inilah tidak sedikit pedagang dan pengunjung pasar merasa heran uang di saku dan di tas mereka sering hilang. Keluh ini disampaikan oleh salah seorang pedagang, Harsandi (34). Ia menduga, uang di tasnya sering hilang itu ulah tuyul.

BACA JUGA:Heboh, Ini Nama Calon Sekda Definitif Mukomuko yang Direkomendasikan KASN

 "Tidak mungkin orang lain bisa langsung mengambil uang di tas saya ini. Tas saya ini selalu di pinggang. Hasil penjualan dagangan saya ini uangnya saya pisahkan sesuai nominalnya. Lembaran seratus ribu, saya susun sama-sama lembaran seratus ribu. Begitupun lembaran uang lainnya. Tapi anehnya saat dicek, jumlah uang saya selalu berkurang. Ya besar kemungkinan ada oknum yang berkeliaran membawa tuyul di pasar-pasar," keluh Harsandi.

Hal senada juga disampaikan oleh Murtiah (53) selaku pedagang keliling. Ia mengaku kejadian aneh kehilangan uang di dalam tasnya hampir terjadi di setiap pasar mingguan tempat ia jualan di lain-lain kecamatan. Seperti diketahui jadwal pasar mingguan di Kabupaten Mukomuko yakni Senin Pasar Penarik, Selasa Pasar SP1 Penarik, Rabu Pasar Lubuk Sanai, Kamis Pasar Lubuk Pinang dan Minggu Pasar Kota Mukomuko dan Pasar SP6 Agung Jaya. Kuat dugaan arena pasar ini jadi ladang bagi oknum pemelihara tuyul untuk beraksi.

BACA JUGA:Bansos 2023 yang Bakal Dikucurkan Mencapai Rp 470 Triliun, Ini Daftarnya

 "Lembaran uang yang hilang beragam. Ada yang lembaran seratus ribu, lima puluh ribu dan sepuluh ribu. Jadi, hasil penjualan barang dagangan saya selalu tidak sesuai dengan jumlah barang yang terjual. Bingung juga saya kalau seperti ini. Saya tanya ke teman-teman sesama pedagang, keluhan mereka hampir sama dengan yang saya alami," sesal Murtiah.

 Mendengar banyaknya keluhan pedagang dan pengunjung pasar yang sering kehilangan uang secara tiba-tiba seperti itu, membuat salah seorang pedagang Burlian, ingin membagi tips mengatasi tuyul. Menurut Burlian, tuyul suka dengan mainan anak-anak jenis kelereng dan lampu yang berkelip. Juga disarankan oleh Burlian dalam tas harus ada kaca. Karena menurutnya tuyul bisa terpana dan lupa akan misinya jika bisa berjoged di depan kaca.

BACA JUGA:Kades PAW Dilantik, Pj Langsung Pamitan

"Tips ini sebenarnya saya dapatkan dari teman juga. Apasalahnya bentuk dari ikhtiar kita supaya terhindar dari serangan tuyul ya kita coba saja tips itu. Kalau mereka yang punya ilmu supranatural sebenarnya bisa menangkap tuyul itu. Cerita teman saya, tuyul hanya bisa disekap dan dikurung dalam botol kaca. Jika di wadah lain, tuyul tetap bisa keluar kembali. Saya menduga jika ada oknum yang pelihara tuyul, saya yakin itu orang luar daerah yang sengaja menjadikan Mukomuko sebagai lahan mereka beroperasi," tegas Burlian. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: