Di Mukomuko, Masih Banyak Pemdes yang Kinerjanya Lamban

Di Mukomuko, Masih Banyak Pemdes yang Kinerjanya Lamban

Kantor Bupati Mukomuko--

IPUH, RADARMUKOMUKO.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, warning Pemerintah Desa (Pemdes) untuk mempercepat penyusunan APBDes tahun 2023.

Dinas PMD menargetkan tanggal 15 Januari ini, semua desa wilayah Kabupaten Mukomuko harus selesai menyusun dan menetapkan berkas Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran (TA) 2023.

BACA JUGA:Ternyata 5 Artis dan Pengusaha ini Asal Bengkulu, Tajir Melintir Punya Kerajaan Bisnis yang Menggurita

Jika masih ada desa yang belum bisa menuntaskan penyusunan APBDes per tanggal 15 Januari mendatang. Kinerja Pemdes itu patut dipertanyakan. Dan kinerjanya dinilai lamban.

Kepala Dinas PMD Mukomuko Hariyanto, S.Km mengatakan, percepatan penyusunan APBDes TA 2023 ini sudah digaungkan sejak awal Desember 2022 lalu.

BACA JUGA:Sosok Daeng Maleini Nama Bandara Mukomuko Pertama, Berdarah Jawa, Istri Seorang Sultan dari Kerajaan Indrapura

Bahkan pihaknya dari Kabupaten menargetkan per tanggal 31 Desember 2022, semua desa sudah meregister APBDes di bagian hukum Setdakab Mukomuko.

Namun buktinya saat ini, masih banyak desa yang belum register APBDes.

BACA JUGA:Harga TBS Sawit Bergerak Turun, Rata-Rata Rp 2.250

"Sampai hari ini (kemarin red) baru sebagian desa yang sudah register APBDes di bagian hukum Setdakab Mukomuko. Kita minta desa melakukan percepatan sebelum tanggal 15 Januari ini," kata Hariyanto.

Dijelaskannya, jika tanggal 15 Januari ini masih ada desa yang belum menuntaskan APBDes.

BACA JUGA:Dosen UMI Buat Permen Sehat Berbahan Jahe

Secara otomatis kinerja Pemdes tersebut kurang.

Dan mereka belum bisa memulai kegiatan TA 2023. Bagi desa yang sudah menetapkan APBDes, sekarang ini sudah bisa menyiapkan untuk pengajuan tahap I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: