Daftar Area 5G Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Tahun 2023

Daftar Area 5G Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Tahun 2023

Daftar Area 5G Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Tahun 2023-Ilustrasi-www.pexels.com

TEKNOLOGI, RADARMUKOMUKO.COM - Sejak mulai diperkenalkan pada pertengahan tahun 2021, jaringan 5G sudah menjadi kemajuan operator seluler di Indonesia. Kehadiran teknologi jaringan selular itu awalnya masih sangat terbatas dan baru tersedia di beberapa daerah saja. Memasuki tahun 2023 cangkupan area 5G operator selular terus mengalami kemajuan dan sudah bertambahnya daerah yang bisa menikmati jaringan tersebut.

BACA JUGA:Mulai 2023, Semua Belanja Barang Kebutuhan Pemerintah Wajib Melalui Sistem Ini

Pengeluaran dana yang besar dikeluarkan oleh operator seluler masih belum mampu membuat ketersediaan frekuensi 5G belum bisa merata di seluruh wilayah Indonesia.

Saat ini penggunaan internet yang sangat cepat itu lebih banyak dimanfaatkan oleh kalangan industri yang membutuhkan koneksi stabil dengan latensi rendah. Kendati demikian, masyarakat juga bisa menikmati jaringan tersebut.

BACA JUGA:Honorer Damkar Mukomuko Datangi Kantor Bupati, Perihal Ini

Memang koneksi jaringan 5G saat ini masih belum yang sesungguhnya karena operator seluler masih menggunakan frekuensinya bersamaan dengan jaringan 4G. Untuk mendapatkan sinyal 5G yang kualitas yang baik itu harus melebarkan pita lebar 80 MHz sampai 100 MHz.

Dilansir dari detik.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri pada tahun 2023 akan melepas frekuensi yang diharapkan bisa memperkuat layanan 5G, mulai dari pita frekuensi 700 MHz, 26 GHz, dan 3,3 GHz.

BACA JUGA:Heboh, Raja Arab Saudi Tetapkan Aturan Baru Melarang Siswi Pakai Abaya dan Hijab Saat Ujian Sekolah

Sudah ada tiga operator seluler yang menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kominfo. SKLO ini semacam izin dari pemerintah kepada operator yang memberi layanan 5G kepada masyarakat.

BACA JUGA:2023, ASN Mukomuko Wajib Perkuat Fisik?

Telkomsel menjadi operator seluler pertama kali yang menawarkan layanan 5G pada Mei 2021. Kemudian disusul Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan XL Axiata.

Berikut Daftar Area 5G Area 5G Telkomsel, Indosat Ooreodo Hutchison, dan XL Axiata :

1. Telkomsel

Cluster Residensial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: