CCTV Bertebaran di Bumi Mulya

CCTV Bertebaran di Bumi Mulya

DIPANTAU CCTV: Pemeriksaan administrasi, ruangan ini sudah dipasangi CCTV demi keamanan kantor desa.-SAHAD/RM-

PENARIK, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Bumi Mulya, Kecamatan Penarik, memasang Closed Circuit Television(CCTV). Pemasang CCTV bertujuan untuk memperkuat sistem keamanan di desa. Kamera CCTV dipasang di beberapa titik. Terutama lokasi strategis akses keluar masuk desa. Kamera yang sama juga dipasang di kantor desa. Pemasangan CCTV sebagai tindak lanjut atas terjadinya beberapa tindak kejahatan, khususnya pencurian. Sebagaimana disampaikan oleh Kades Bumi Mulya, Karsiman, Senin (26/12).

BACA JUGA:Penyelenggaraan KIP, Mukomuko Nomor Satu di Bengkulu

Karsiman menjelaskan, beberapa waktu lalu, rumah warga Bumi Mulya, kerap didatangi tamu tidak diundang, pencuri. Sejauh ini, belum terungkap siapa pelakunya. Minimnya jejak yang ditinggalkan pelaku, menjadi kendala untuk melakukan penyelidikan. Dengan adanya CCTV ini, bisa dijadikan petunjuk awal, ketika terjadi tindak kejahatan. 

BACA JUGA:Dua Kecamatan Tuntaskan Evaluasi RAPBDes

"Pemasangan CCTV sejak 2 bulan terakhir. Sejak CCTV dipasang, belum terdengar adanya kasus pencurian lagi," jelas Karsiman. 

Karsiman juga menyampaikan, kamera CCTV juga dipasang di masjid desa. Hal tersebut menyusul adanya beberapa kali terjadi pencurian kotak amal. Selain itu, warga juga sudah mulai memasang kamera CCTV di rumah masing-masing. 

BACA JUGA:Ahmad Zaky, Murid Kelas 2 SD Hafal 2 Juz Al Qur’an

"Beberapa warga juga pasang CCTV di rumahnya. Sewaktu-waktu ada kejadian yang tidak diinginkan, CCTV bisa menjadi alat pendukung untuk mendapatkan informasi," tambah Karsiman. 

Hal senada disampaikan oleh Sekdes Widanu. Ia mengatakan, server masing-masing CCTV disimpan di rumah warga terdekat. Selain, CCTV juga diakses melalui telpon Android. CCTV juga menggunakan infra merah. Dengan demikian rekaman gambar bisa 24 jam. Karena keterbatasan memori penyimpanan, gambar yang terekam akan terhapus dengan jangan waktu tertentu. Waktu yang distel sudah diperhitungkan. 

"CCTV bisa akses melalui telpon Android. Jadi kita bisa pantau dari jauh," demikian Widanu.(dul) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: