Mekar Mulya Berhasil Kembangkan Program Ketahanan Pangan

Mekar Mulya Berhasil Kembangkan Program Ketahanan Pangan

DATANGKAN PADes: Program ketahanan pangan Desa Mekar Mulya, penggemukan sapi, mulai menyumbang PADes.-DOC/RM-

PENARIK, RADARMUKOMUKO.COM – Penggemukan sapi, merupakan program ketahanan pangan hayati dan hewani di Desa Mekar Mulya, Kecamatan Penarik. Program tersebut menggunakan Dana Desa (DD) 20 persen tahun 2022. Selain penggemukan sapi, ada juga pengadaan bibit lele serta bibit porang. Program penggemukan sudah mendatangkan hasil. Dari 4 ekor sapi jantan yang dipelihara, 2 diantaranya sudah laku dijual dan untung. Keuntungan yang didapat dibagi sesuai dengan kesepakatan yang ada. Modal akan digunakan untuk membeli sapi lagi dan digemukkan serta dijual lagi. Sebagaimana disampaikan oleh Kades Mekar Mulya, Adi Sutikno, baru-baru ini.

BACA JUGA:Motor Masuk Jurang, Warga Mekar Mulya Berpulang

Sutikno menjelaskan, sapi yang dibeli berjumlah 4 ekor dan dipelihara oleh 2 kelompok. 2 ekor telah terjual dan dipotong oleh warga saat hari raya Idul Adha. 2 sisanya akan dijual jika ada warga yang minat. Dikatakan Sutikno, sapi ini akan dijual kapan saja dan kepada siapa saja, asalnya sudah ada keuntungannya. Hal demikian akan terus dilakukan, untuk memutar modal dan keuntungan kelompok. 

‘’Uang hasil jual sapi akan digunakan untuk beli sapi lagi, keuntungan dibagi sesuai kesepakatan,’’ jelas Sutikno.

BACA JUGA:Siap Genjot Evaluasi APBDes

Sutikno juga menyampaikan, selain sapi, bibit lele juga sudah dipanen dan dijual. Hanya saja ada kemungkinan dikembangkan dalam bentuk lain. Pasalnya penerima bantuan sedikit kesulitan dalam hal pemasangan lele. Terkait bibit porang, sudah disalurkan dan ditanam oleh petani. Seperti yang diketahui, tanaman porang butuh waktu lama, baru bisa dipanen.(dul/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: