Tuntas Realisasi DD 2022, Pemdes Lalang Luas Gelar MDST

Tuntas Realisasi DD 2022, Pemdes Lalang Luas Gelar MDST

--

V KOTO, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Lalang Luas, Kecamatan V Koto, Kamis (22/12) menggelar Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) atas tuntasnya realisasi dana desa (DD) pada pengerjaan fisik yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2022.

Sebelum diadakan MDST yang dilaksanakan di Kantor Desa Lalang Luas, tripika V Koto bersama pendamping teknik melakukan pengecekan ke lokasi pembangunan secara langsung, untuk melihat hasil realisasi dana desa.

Kepala Desa Lalang Luas, Aman Zikri, dalam sambutannya menyampaikan, MDST merupakan bentuk pertanggungjawaban seluruh pengelolaan dana dan kegiatan oleh tim pengelola kegiatan (TPK) kepada masyarakat, setelah kegiatan selesai dilaksanakan. 

"Tujuan musyawarah ini untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari. Sehingga hasil kegiatan yang telah dilaksanakan diketahui, dilaporkan dan diserahkan kepada masyarakat," ungkap Aman Zikri.

Adapun pembangunan fisik yang dikerjakan tahun ini ada sebanyak 11 item. Diantaranya rabat beton Bukit Dila sepanjang 60 meter, pengoralan jalan tengah sepanjang 580 meter, pengoralan jalan tengah sepanjang 250 meter. Kemudian pembangunan rabat beton program ketahanan pangan sepanjang 85 meter, gorong-gorong di 2 titik, 

buka badan jalan sungai muruh 1000 meter, sekrap JUT Asmara 1500 meter, 

Sekrap JUT Talang Sepu 2000 meter. Selanjutnya pembangunan sekrap JUT Talang Buai sepanjang 1000 meter, sekrap JUT Sungai Murah 1000 meter dan sanitasi PAUD. Dari 11 item kegiatan fisik pembangunan ini tuntas dikerjakan seratus persen oleh TPK. Dikatakan juga dari 11 kegiatan fisik ini, 5 diantara sudah dilakukan MDST dan 6 dilakukan MDST diakhir tahun ini. 

"Semoga hasil-hasil pembangunan ini memberikan manfaat, digunakan dan dijaga dengan sebaik-baiknya oleh warga. Sehingga mampu membantu peningkatan ekonomi seluruh masyarakat, khususnya warga Desa Lalang Luas," kata Aman Zikri. 

Camat V Koto, Ali Muchsin, S.Pd, M. AP dalam sambutannya memberi apresiasi atas kinerja Pemerintah Desa Lalang Luas, yang tetap fokus membangun desa. Ia berharap pembangunan yang dibangun pemerintah desa melalui TPK dengan menggunakan DD, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Selain itu disampaikannya juga, untuk masyarakat diharap dapat menjaga pembangunan yang sudah ada, sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang.

"Terima kasih untuk jajaran pemerintah desa dan masyarakat Desa Lalang Luas yang mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna. Serta sesuai dengan volume, RAB dan aturan yang ada," ungkapnya. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: