Laksanakan Program Ketahanan Pangan Dan Hewani

Laksanakan Program Ketahanan Pangan Dan Hewani

--

Pemdes Lubuk Gedang Salurkan 10 Ekor Kambing

LUBUK PINANG, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Lubuk Gedang, Kecamatan Lubuk Pinang, salurkan hewan ternak berupa kambing sebanyak 10 ekor. Puluhan ekor kambing yang disalurkan Pemdes Lubuk Gedang tersebut merupakan program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan hewani di pedesaan. Pengadaan hewan ternak ini bersumber dari dana desa (DD) 20 persen dari DD tahun anggaran 2022. Kepala Desa Lubuk Gedang, Yunna Asuardi mengatakan, ternak kambing yang disalurkan ini sebanyak 10 ekor untuk dua kelompok. Masing-masing kelompok yang beranggota 5 orang mendapatkan 5 ekor kambing. 

"Untuk bantuan ternak program ketahanan pangan desa tahun ini ada dua kelompok. Satu kelompok dari Dusun Ini dan satu kelompok lagi dari Dusun II. Masing-masing kelompok mendapat 5 ekor kambing, bearti setiap anggota komisi kelompok dapat satu ekor kambing," jelas Yunna. 

Lanjutnya, ternak kambing yang disalurkan itu sudah di vaksin dan bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) maupun penyakit LSD. Begitu juga dengan kelompok penerima bantuan juga sudah diberikan pelatihan tentang cara budidaya ternak kambing yang benar. Dengan ini diharapkannya ternak kambing yang disalurkan ini bisa berkembangbiak. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan hewani untuk ketahanan pangan di desa ini sendiri. 

"Yang menerima bantuan ini adalah warga yang sama sekalibelum tersentuh bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah. Maka dari itu saya harap ternak ini dirawat dan dikembang biakkan, sehingga selain memenuhi kebutuhan hewani juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa," harap Yunna. 

Sementara itu Camat Lubuk Pinang, Firdiantoni, SE mengapresiasi program ketahanan pangan desa Lubuk Gedang. Menurutnya, program ketahanan pangan desa berupa budidaya kambing sangat bagus dan sesuai dengan potensi desa. Dengan ini ia berharap dapat meningkatkan ketahanan pangan desa, sesuai dengan yang dicanangkan pemerintah pusat. 

"Pada kelompok penerima bantuan saya harap dapat mengembangbiakkan ternak ini sebaik mungkin. Apalagi pemerintah desa sudah membekali kelompok dengan pelatihan. Jangan sampai kambing ini dijual atau tidak di urus," tutup Camat. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: