Wisata Pangonan Potensi Wisata Edukasi di Mukomuko

Wisata Pangonan Potensi Wisata Edukasi di Mukomuko

--

AIR MANJUTO, RADARMUKOMUKO.COM - Objek wisata Pangonan Desa Agung Jaya, Kecamatan Air Manjuto, merupakan salah objek wisata baru di Kabupaten Mukomuko. Meskipun baru, objek wisata Pangonan ini sudah mulai banyak di datangi para wisatawan, baik itu wisata lokal maupun dari luar daerah. Menariknya, wisata Pangonan ini berpotensi menjadi wisata edukasi atau wisata pendidikan di Kabupaten Mukomuko. Karena memiliki berbagai keunggulan, seperti lokasi bumi perkemahan, persawahan, kolam ikan hingga berbagai keunggulan lainnya. Ditambah lagi sekitar objek wisata masih asri dan sejuk. Sehingga bisa menambah wawasan para wisatawan yang berkunjung ke wisata Pangonan ini.

''Konsep awalnya memang seperti itu yang kita harapkan. Bagaimana Pangonan ini bukan sebagai tempat rekreasi saja, tetapi juga sebagai wisata pendidikan. Sehingga pengunjung yang datang, teruatama anak-anak bisa bertambah pengetahuannya dengan keunggulan wisata Pangonan,'' ujar Hartono, Kepala Desa Agung Jaya.

Diakuinya, wisata Pangonan ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga masih minim fasilitas pendukung bagi pengunjung. Sesuai dengan masterplan yang ada, di wisata pengonan ini berbagai pembangunan penunjang bagi para wisatawan. Salah satunya waterpark atau taman rekreasi air yang memiliki tempat bermain air, seperti perosotan air dan lainnya.

''Pengembangannya kita lakukan bertahap, mudah-mudahan tahun depan sudah mulai di bangun waterpark. Karena kita hanya mengandal dana desa yang ada, untuk itu kita juga berupaya mencari sumber dana selain DD untuk pembangunan fasilitas pendukung lainnya, seperti MCK, mushola, serta bangunan untu kuliner,'' kata Hartono.

Sementara Camat Air Manjuto, Sugiyanto, S.Pd terus mendorong pemerintah desa Agung Jaya dalam pengembangan wisata Pangonan. Karena wisata Pangonan Agung Jaya merupakan satu-satunya ikon wisata di Kecamatan Air Manjuto. Sehingga kehadiran wisata ini dinilainya bisa mengenalkan Kecamatan Air Manjuto, terkhususnya Desa Agung Jaya pada daerah luar.

''Kita terus melakukan koordinasi dengan pemerintah desa terkait perkembanganan wisata Pangonan ini. Karena wisata ini sangat berpotensi apalagi konsepnya Agrowisata,'' ungkap Sugiyanto. (api)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: