Donasi di Teramang Jaya, Terkumpul Rp 35,5 juta

Donasi di Teramang Jaya, Terkumpul Rp 35,5 juta

TAHAP DUA: Camat Teramang Jaya, Abdul Hadi, menyerahkan dana hasil donasi tahap dua. Diterima oleh Kabag Kesra, Madri.--

Peduli Korban Gempa Kabupaten Cianjur

TERAMANG JAYA, RADARMUKOMUKO.COM – Donasi peduli korban gempa Cianjur di Kecamatan Teras Terunjam, telah ditutup. Dana yang terkumpul total Rp 35,5 juta. Dana yang terkumpul telah diserahkan kepada pemerintah daerah, Kabupaten Mukomuko. Dalam hal ini Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Penyerahan dilakukan dua tahap. Tahap pertama pada Jumat, 2 Desember, sebesar Rp 27,8 juta. Tahap kedua, diserahkan kemarin. Kamis (15/12). Sebesar Rp 7,7 juta. Dana diserahkan oleh Camat Teramang Jaya, Abdul Hadi, S.Sos, dan diterima oleh Kabag Kesra Setdakab, Madri, SKM.

Kepada wartawan koran ini, Abdul Hadi, menyampaikan, dana yang terkumpul merupakan sumbangan dari masyarakat Teramang Jaya. Dengan segala lapisan. Mulai dari pelajar, petani, nelayan, pegawai negeri dan swasta, perusahaan dan sebagainya. Di sekolah, penggalangan dana dikoordinir oleh kepala sekolah. Di tingkat desa, dikoordinir oleh Kades dan perangkat desa. Untuk dinas/instansi, dikoordinir oleh pimpinan masing-masing. Begitu juga dengan perusahaan. Dana yang terkumpul di setiap titik, dikumpulkan ke kecamatan. Pihak kecamatan menyerahkan kepada pemerintah daerah. 

‘’Pada penyerahan pertama, Jumat 2 Desember, masih ada beberapa sekolah dan desa yang belum menyerahkan kecamatan. Setelah terkumpul semua, kami melakukan penyerahan kedua. Totalnya Rp 35,5 juta,’’ jelas Abdul Hadi.

Abdul Hadi menambahkan, setiap bantuan yang masuk Kesra, dicatat. Sebagai bentuk transparansi, camat juga mendapatkan catatan tersebut. Setidaknya ada 50 dinas/instansi maupun pribadi yang menyumbang. Dari catatan yang ada, Teramang Jaya, menjadi kecamatan yang menyampaikan bantuan terbesar. Terbanyak kedua, Kecamatan Sungai Rumbai, Rp 21,4 juta. Dan terbanyak ketiga Kecamatan Kota Mukomuko, Rp 2,5 juta.

‘’Untuk tingkat kecamatan, terbanyak dari Teramang Jaya. Dan itu sumbangan dari seluruh lapisan masyarakat. Atas nama camat, saya mengucapkan terima kasih kepada segenap lapisan masyarakat. Semoga menjadi amal jariyah,’’ papar Abdul Hadi.

Masih Abdul Hadi, donasi melalui kecamatan telah ditutup. Namun demikian, tidak membatasi para dermawan yang ingin menyumbang untuk korban gempa Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Bantuan bisa diantar langsung ke Sekretariat daerah, bagian kesejahteraan rakyat.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: