Pemdes Tirta Mulya Sukses Salurkan BLT-DD 2022

Pemdes Tirta Mulya Sukses Salurkan BLT-DD 2022

--

AIR MANJUTO, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Tirta Mulya, Kecamatan Air Manjuto, menyalurkan Bantuan Lansung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (DD) untuk tahap terakhir 2022. Penyaluran dipusatkan di aula kantor desa setempat, Kamis (15/12). Penyaluran BLT kali ini merupakan bantuan tahap atau tahap IV untuk periode Oktober, November dan Desember kepada 83 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan itu sendiri disalurkan langsung oleh Kepala Desa, Supriyanto pada masing-masing penerima. Dalam kesempatan itu, Supriyanto, mengucapkan terima kasih terhadap pemerintah pusat yang telah memprogramkan penyaluran dana bantuan langsung tersebut. Menurutnya pprogrm seperti ini sangat membantu masyarakat, apa lagi di situasi seperti sekarang ini kebutuhan bahan pokok masyarakat melonjak pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Ia berharap semoga bantuan ini dapat meringankan beban ekonimi masyarakat Desa Tirta Mulya.

"Penyaluran BLT ini merupakan tahap terakhir kepada 83 kepala keluarga. 

Penyaluran BLT ini seperti tahap-tahap sebelumnya yaitu Rp 300 ribu perbulan tiap KPM. Jadi kalau di totalkan untuk tiga bulan berjumlah Rp 900 ribu per KPM," ujar Supriyanto.

Sambungnya, selama penyaluran BLT mulai dari Januari hingga Desember 2022 ini, dipastikan tidak ada pemotongan atau penyunatan bantuan. Dimana bantuan yang disalurkan oleh pemerintah desa sudah sesuai dengan nominal yang telah ditentukan pemerintah pusat. Supriyanto juga menyampaikan, bahwa penerima BLT tahun depan ada pengurangan penerima. Karena BLT-DD diganti dengan BLT Kemiskinan Ekstrem, yang mana regulasi atau kriteria penerimanya berbeda-beda. 

"Yang perlu diketahui bahwa warga jangan lupa membayar pajak bumi dan bangunan. Kalau bisa sebelum akhir Desember ini semua warga sudah bayar PBB," sampai Supriyanto. 

Sementara Camat, Sugiyanto, S. Pd menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Desa Tirta Mulya yang telah sukses menyalurkan BLT-DD tahun 2022. Dengan ini warga penerima atau KPM diharapkan bisa memanfaatkan bantuan dengan semestinya untuk kebutuhan rumah tangga. Jangan sampai bantuan ini digunakan untuk hal-hal yang negatif, seperti judi online. 

"Pemerintah desa sudah memberikan hak warga desa. Sekarang warga desa harus menjalankan kewajibannya, yaitu membayar PBB. Karena PBB yng dibayar warga akan kembali lagi ke warga dalam bentuk pembangunan," tutup Sugiyanto. 

Turut hadir penyaluran BLT-DD Tirta Mulya, Kasi Ekobang, Ketua BPD beserta anggotanya, Bhabinkamtibmas serta jajaran perangkat desa Tirta Mulya. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: