79 Warga Air Bikuk Terima BLT-DD Tahap IV

79 Warga Air Bikuk Terima BLT-DD Tahap IV

BLT-DD: Kades Air Bikuk meyerahkan dana BLT-DD secara simbolis kepada salah satu KPM--

PONDOK SUGUH, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Air Bikuk Kecamatan Pondok Suguh, salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap IV Senin,(12/12) kemarin. Adapun jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD di desa itu, tercatat sebanyak 79 KPM. Jumlah penerima BLT itu sesuai dengan hasil penjaringan, dan kesepakatan bersama dalam musyawarah waktu lalu. Pemdes Air Bikuk berharap, warga yang menjadi penerima BLT-DD ini bisa terbantu. Terutama memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Kepala Desa (Kades) Air Bikuk, Aleston saat dihubungi mengatakan, sesuai dengan kesiapan desa. Siang kemarin pihaknya menyalurkan BLT-DD tahap ke IV. Bantuan itu disalurkan tiga bulan sekaligus. Yaitu untuk bulan Oktober, November dan bulan Desember. Adapun jumlah bantuan yang diterima masing-masing KPM adalah sebesar Rp 900.000. Pihaknya dari Pemdes berharap 79 KPM penerima BLT-DD ini, bisa memanfaatkan bantuan itu dengan baik. "Sesuai dengan jadwal yang sudah kita tetapkan. Ya, siang ini (kemarin red) kita menyalurkan BLT-DD tahap IV," kata Aleston.

Dijelaskannya, untuk BLT-DD tahap ke IV ini adalah bantuan terakhir dari tahun 2022. Menurutnya, tahun 2023 mendatang Dana Desa (DD) masih tetap dialokasikan untuk penyaluran BLT-DD. Namun, jumlahnya tidak sama seperti tahun ini. Tahun 2022 ini desa diwajibkan mengalokasikan DD sebesar 40 persen untuk BLT-DD. Sementara tahun 2023 mendatang maksimalnya 25 persen. "Sesuai dengan regulasi yang ada saat ini. Tahun depan penyaluran BLT-DD masih ada. Namun, jumlah anggarannya berkurang dari tahun ini. Jadi otomatis jumlah KPM juga terpaksa dikurang. Dan tidak sama dengan jumlah penerima tahun ini," bebernya.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: